Wow, 5 Lokasi Bekas Kamp Militer Korsel Ini Jadi Tempat Wisata

Imjingak Korea Selatan.
Sumber :
  • Visit Korea

VIVA – Korea Selatan tak melulu soal wisata belanja atau mengulang jejak lokasi syuting drama. Korea masih memiliki banyak pesona yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke sana. 

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Sebagai negara yang terpisah, Korea memiliki Zona Demiliterisasi (DMZ), yaitu kawasan netral bentukan perjanjian Gencatan Senjata Perang Korea yang ditandatangani 27 Juli 1953 membentang sejauh 2 kilometer ke utara dan selatan. Setelah menjadi wilayah terbatas selama beberapa dekade, kini wilayah tersebut menjadi tujuan ekowisata yang penting. 

Dari Buku Panduan Wisata Korea, berikut ini lima tempat pilihan ketika berkunjung ke Zona Demiliterisasi.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Taman Imjingak dan Pyeonghoa-Nuri

Tempat ini merupakan salah satu dari sedikit lokasi pariwisata DMZ yang dibuka untuk semua pengunjung tanpa mewajibkan proses aplikasi apa pun. Korea Utara juga dapat dilihat dari Imjingak, sementara berbagai karya seni yang didedikasikan untuk perdamaian dan persatuan dapat dilihat di taman Pyeonghoa-Nuri. 

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Camp Greaves

Tempat ini merupakan bekas markas tentara Amerika Serikat yang masuk dalam area terbatas. Pasca penarikan angkatan militer Amerika Serikat, markas ini direnovasi menjadi experience site DMZ lengkap dengan fasilitas penginapan. Pengambilan gambar drama Korea Descendants of the Sun juga berlokasi di sini. 

Observatorium Unifikasi Odusan

Berjarak satu jam menggunakan mobil, tempat ini merupakan dek observatorium terdekat dari Seoul. Jika cuaca cerah, Gunung Songaksan di Korea Utara akan tampak. Observatorium Unifikasi Odusan dibangun untuk menghibur keluarga yang terpisah selama masa perang.

Terowongan Kedua

Ditemukan tahun 1975, terowongan ini dibangun oleh Korea Utara untuk memasuki wilayah Korea Selatan. Memiliki sejumlah pintu, pengunjung bisa menyusuri terowongan dengan area layaknya plaza yang dapat mengakomodasi banyak orang. 

Taman Perdamaian Eco DMZ

Merupakan bagian dari area terbatas yang tertutup untuk publik, tempat ini dikembangkan menjadi treking trail dan dibuka sebagai eco park. Pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya