Perang Ketupat di Lombok Simbol Kesuburan Pertanian

Perang Topat
Sumber :
  • VIVA/ Satria Zulfikar/ Mataram

VIVA – Perang Topat (perang ketupat) merupakan tradisi tahunan yang dirayakan masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tradisi ini sebagai simbol perdamaian antara umat Islam dan umat Hindu di "Pulau 1000 Masjid" itu.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Acara digelar meriah, Kamis, 22 November 2018. Perang Topat ini digelar di Pure Lingsar, Lombok Barat. Di sana umat muslim dan umat Hindu berbaur menjadi satu untuk merayakan upacara sebagai simbol kesuburan pertanian dan perdamaian umat beragama.

Tradisi ini cukup unik, karena masyarakat di Lombok Barat berperang menggunakan ketupat. Umat yang berbeda keyakinan tersebut saling serang dengan penuh canda tawa, melempar ketupat ke arah lawan. Meskipun berlangsung sekitar 30 menit, namun keharmonisan terjalin. Umat muslim berbondong mendatangi Pure Lingsar merayakan upacara adat tersebut.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Perang Top 2018 kali ini mengambil tema "Raraq Kembang Waru" yang artinya, gugurnya kembang Waru. Perang Topat dimulai selepas Ashar, yang ditandai dengan gugurnya kembang Waru. Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid, mengatakan Perang Topat merupakan perang perdamaian untuk merawat keharmonisan umat beragama di Lombok. "Perang perdamaian, perang yang tidak pernah menelan korban," ujarnya.

Senator RI asal NTB, Baiq Diyah Ratu Ganefi, turut hadir dalam upacara adat tersebut. Dia mengapresiasi nilai-nilai keragaman yang ada dalam upacara itu. "Tradisi ini perlu terus dilestarikan sebagai sebuah simbol kerukunan beragama di Lombok," ujarnya.

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

Sebelum dimulai Perang Topat, beragam pentas tari dan petunjukan budaya digelar. Warga juga membawa sesajian berupa buah-buahan sebagai simbol kesuburan.

Capres 01 Anies Baswedan usai menghadiri buka puasa bersama Partai Nasdem

Anies Berkunjung ke Rumah Dinas Cak Imin: Tradisi Lebaran Kita Saling Berkumpul

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan bersilaturahmi ke rumah dinas cawapresnya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024