5 Tips Snorkeling Aman Bagi Pemula

Snorkeling merupakan salah satu cara mudah untuk menikmati kekayaan bawah laut.
Sumber :

Selain menyelam, snorkeling tergolong lebih mudah dilakukan, terutama bagi pemula. Namun, banyak orang masih menyimpan rasa takut untuk ber-snorkeling, terlebih jika mereka tidak bisa berenang. Berikut tips aman untuk snorkeling bagi pemula yang wajib dipelajari saat hendak memulainya. Disimak baik-baik, ya!

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

1. Santai dan tidak panik
Jika kita benar-benar ingin menyaksikan keindahan pemandangan dasar laut, sebaiknya kendalikan emosi untuk tidak panik, terutama ketika tubuh mulai masuk ke air. Sebab, ketika panik tubuh justru akan kaku. Pastinya hal ini justru akan membahayakan kita.

2. Belajar di kolam renang
Alangkah baiknya, sebelum snorkeling di laut kita belajar snorkeling di kolam renang terlebih dahulu. Supaya badan kita bisa membiasakan diri untuk relaks. Sambil latihan di kolam renang, kita juga bisa belajar menggunakan alat snorkeling. Hal ini bertujuan supaya kita bisa latihan teknik pernafasan, menggunakan alat snorkeling.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

3. Ditemani pendamping yang berpengalaman
Bagi pemula yang baru pertama kali mencoba snorkeling di lautan dan belum pandai berenang, wajib ditemani pemandu yang lebih profesional untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Wajib menggunakan pelampung
Bagi para pemula yang tak bisa berenang, pelampung adalah alat yang benar-benar penting. Pelampung yang digunakan harus pas sesuai dengan ukuran badan kita. Jangan sampai kelonggaran, karena akan berisiko terlepas ketika kita sedang snorkeling, pastikan semuanya terpasang dengan benar, ya!

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

5. Perhatikan keaadaan sekitar
Meski keindahan bawah laut membuat kita terlena, namun sebaiknya kita tetap harus selalu waspada dan perhatikan kondisi sekitar. Lihat arus gelombang laut untuk mengindari arus yang kencang. Tetap ikuti instruksi pemandu dan jangan sampai merusak karang akibat berpegangan terlalu kuat. Salah satu biota laut yang harus kita hindari, bulu babi, karena kalau tersengat bisa membuat luka yang lumayan parah.

Walau snorkeling terlihat sangat mudah dilakukan, namun banyak orang mengatakan prakteknya cukup sulit. Apalagi buat yang baru pertama kali mencoba. Meski begitu, saat snorkeling kita tetap wajib menjaga kelestarian alam bawah laut, dengan menjaga keasrian terumbu karang dan biota laut lainnya. Paling penting lagi, jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan mengambil apa pun dari bawah laut, termasuk bintang laut atau terumbu karang itu sendiri.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.(dok Pemprov Sumut)

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Kejuaraan North Sumatera Amateur Open (NSAO) 2024, kembali digelar oleh Persatuan Golf Indonesia (PGI) Sumut. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024