Lagi Tren, Island Hopping ke Belitung Kunjungi 4 Pulau Cantik

Pulau Batu Berlayar, Belitung
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Indonesia dianugerahi dengan pulau-pulau yang begitu eksotis. Beberapa di antaranya membentuk kepulauan yang letaknya berdekatan. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara dengan destinasi pulau-pulau cantik yang menarik untuk jadi tujuan wisata.

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

Belitung, menjadi salah satu tempat di Indonesia dengan pulau-pulau yang indah. Nah saat ada di wilayah ini, Anda bisa melakukan aktivitas mengunjungi beberapa pulau dalam sehari atau biasa disebut dengan istilah Island Hopping.

Jadi seperti melompat (hopping) dari satu pulau ke pulau yang lain hanya dalam waktu satu hari. Pulau yang "dilompati" pun pulau-pulau mungil tak berpenghuni yang jaraknya berdekatan satu sama lain.

Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

Aktivitas island hopping ini lagi naik daun di kalangan para traveler baik domestik maupun mancanegara.

Saat berada di Belitung bersama dengan Kementerian Pariwisata, VIVA.co.id pun sempat melakukan island hopping, menjelajahi setidaknya empat pulau kecil tidak berpenghuni. Berikut ini beberapa pulau menarik yang mungkin bisa menjadi referensi liburan akhir tahun Anda.

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

1. Batu Garuda

Mulai berlayar dari Pantai Tanjung Kelayang, tim VIVA bersama dengan Bang Rio yang merupakan guide lokal, Belitung Travello berlayar selama lima menit menuju Batu Garuda. Tiba di sana, pulau ini ternyata hanya bisa dinikmati dari atas kapal saja dan tidak bisa disinggahi. Hal ini lantaran, pulau itu kecil dan di sekeliling pulau banyak batu dan karang. Sehingga perahu tidak bisa merapat ke pulau tersebut. Jika ingin melihat lebih dekat, pengunjung bisa berenang dengan kedalaman antara dua hingga lima meter.

2. Batu Berlayar

Pulau kedua yang disinggahi adalah Batu Berlayar yang berjarak sepuluh hingga lima belas menit dari Batu Garuda. Pulau ini diberi nama Batu Berlayar, karena kalau dilihat dari kejauhan rupa batu seperti lempengan tegak lurus seperti layar.

Sayangnya pulau ini tidak bisa disinggahi, lantaran kami datang di bulan yang sedang pasang yakni November-Desember. Jikalau ingin singgah, bang Rio menyarankan agar wisatawan datang di bulan Maret-September. Sebab di bulan tersebut cuaca dan kondisi air laut begitu cerah dan ombak di laut tenang.

"Sebenarnya kita bisa singgah tapi di bulan November-Desember pasang air mencapai level maksimal bisa mencapai naik 3 meter," kata dia.

3. Pulau Burung

Berjarak sekitar 10 hingga 15 menit dari pulau sebelumnya. Pulau ini dinamakan demikian lantaran batu yang ada di depan pulau terdapat sebuah batu yang bagian atasnya menyerupai paruh burung. Untuk di sini, Anda tentunya dapat mengambil foto untuk feed Instagram Anda. Selain itu juga bisa melakukan snorkeling di sekitar lokasi

4. Pulau Malang Arak

Pulau ini menjadi salah satu pulau yang cukup jarang dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke Belitung. Keunikan dari pulau ini adalah adanya batu yang mirip kemaluan pria. Tidak heran jika belakangan ini masyarakat menyebut tempat ini sebagai dick island. Sayangnya karena bulan ini sudah masuk musim pasang. Sehingga pasir yang ada di sekitar tenggelam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya