5 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Pulau Kelayang

Berenang di Pulau Kelayang
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Memiliki banyak pulau membuat Indonesia dianugerahi panorama keindahan alam yang memukau. Salah satunya adalah Pulau Belitung yang menyuguhkan keindahan alam yang tak kalah memesonanya dengan Bali atau Lombok.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Selama empat hari, VIVA bersama dengan Kementerian Pariwisata mengunjungi negeri Laskar Pelangi untuk mengeksplor keindahan alam dan budaya yang ada. Untuk alam sendiri, Belitung memiliki lebih dari sembilan pulau indah yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pulau Kelayang, yang berjarak sekitar 5 menit dari Pelabuhan Tanjung Kelayang.

Ada hamparan daratan luas dengan hutan hijau yang rindang. Berbagai pepohonan tumbuh di sana, seperti pohon kelapa dan rerumputan liar. Di Pulau ini, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Morotai, Termasuk Berenang dengan Hiu Sirip Hitam

1. Berenang

Anda bisa berenang sepuasnya di pantai menggunakan peralatan snorkle. Seperti pantai-pantai lain di Belitung, pasirnya berwarna putih dan lembut ketika mengenai kaki. Sementara airnya biru cerah dan ombaknya tidak tinggi. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan bintang laut yang terbawa ombak selama berenang.

3 Olahraga yang Disunnahkan Rasulullah Berikut Manfaatnya untuk Tubuh

Asyiknya, letak pulau ini tidak jauh dari Pulau Garuda, dengan susunan batu-batu raksasa yang tak beraturan membuat pemandangan dari tepi pantai Pulau Kelayang terlihat begitu menakjubkan.

2. Main kayak dan floating

Jika Anda ingin merasakan sensasi lain dari berenang, Anda juga bisa menikmati keindahan pulau ini dengan berkayak. Anda bisa menyusuri beberapa gugusan batu yang terletak di depan dan samping pulau. Atau Anda juga bisa floating dengan menggunakan unicorn sambil menikmati sentuhan matahari di Pulau Kelayang. Untuk menyewa kayak, Anda cukup membayar Rp100 ribu untuk 1 jam.

3. Bersantai

Jika lelah, Anda juga bisa bersantai sambil menikmati makanan yang dijual di kawasan pulau tersebut. Anda bisa menyantapnya sambil mendengar deburan ombak, atau bermain di pinggir pantai dengan pasir putih berpadu dengan jernihnya air laut. Di sini Anda juga dapat berfoto dengan seekor penyu dengan biaya sebesar Rp25 ribu atau melepaskan tukik ke pantai.

4. Menikmati keindahan gua Kelayan

Yang tidak boleh terlewatkan ketika berada di sini adalah mengunjungi Gua Kelayang. Tempat ini sendiri merupakan keindahan tersembunyi yang ada di pulau. Anda cukup melakukan tracking selama kurang lebih lima menit menyusuri sisi dalam pulau yang rindang dengan pepohonan hijau dan batu-batuan.

Gua ini sendiri merupakan gugusan batu-batu raksasa yang tersusun sedemikian rupa membentuk gua. Di bawahnya, ada air laut jernih dengan dasar pasir putih dan bebatuan. Anda pun bisa berenang dan berfoto di sana.

5. Kemping

Jika Anda ingin merasakan sesuatu yang lebih menarik lagi, cobalah kemping dan menikmati sunset atau sunrise di pulau ini. Agensi pemandu lokal, Belitung Travello yang menemani perjalanan kami selama di Belitung mengatakan pengunjung bisa melakukan kemping di sini dengan membawa peralatan kemping sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya