Liburan ke Ternate, Jangan Lupa Berburu 6 Oleh-oleh Khasnya

Oleh-oleh khas Ternate, halua kenari.
Sumber :
  • VIVA/Ifan Gusti (Maluku Utara)

VIVA – Berkunjung ke Ternate, Maluku Utara tak lengkap bila tidak berbelanja oleh-oleh khasnya. Bagi para pelancong yang bingung membeli oleh-oleh khas daerah rempah-rempah itu, VIVA akan memberikan rekomendasi lima oleh-oleh yang harus dibawa pulang saat berkunjung ke sana.

Gunung Ibu di Halmahera Kembali Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 2000 Meter

1. Aksesori Besi Putih

Aksesori kalung, gelang, hingga liontin yang dijual di Ternate merupakan bahan stainless steel asli. Bahan dasar pembuatan aksesori tersebut diproduksi dari peralatan tempur peninggalan Perang Dunia ke-2 di Pulau Morotai. Untuk memperolehnya, Anda bisa mengunjungi lokasi penjualannya di Jalan Boesoirie, Kelurahan Gamalama.

Pilkada Bupati Halmahera Selatan, Eka Dahliani Siap Lanjutkan Program Mendiang Usman Sidik

Oleh-oleh khas Ternate, aksesori besi putih.

2. Bagea

KPK Sita 10 Bidang Tanah Milik Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba, Salah Satunya Dibangun Hotel

Bagara adalah jenis makanan ringan atau camilan yang bahan dasarnya terbuat dari tepung sagu serta kelapa parut. Bagea memiliki rasa gurih dengan tekstur yang keras.

Oleh-oleh khas Ternate, bagea.

3. Halua Kenari

Berikutnya adalah halua kenari. Camilan jenis ini dibuat dari daging buah kenari yang dimasak dan dicampurkan dengan air gula pasir sehingga menjadi karamel padat.  Halua dibentuk seperti stick panjang seukuran jari tangan. Halua juga memiliki dua variasi bahan baku, yakni buah kenari dan kacang tanah.

Oleh-oleh khas Ternate, halua kenari.

4. Sirup Pala

Sirup pala terbuat dari sari buah pala. Minuman ini merupakan minuman tradisional Maluku Utara yang melegenda serta banyak diburu para wisatawan atau pun tamu-tamu saat berkunjung ke Ternate.

Sirup ini cocok dinikmati dingin atau panas. Selain itu, sari pala dapat mengobati masuk angin, rematik, melancarkan pencernaan, peningkatan selera makan, meringankan nyeri haid dan mengatasi rasa mual.

Oleh-oleh khas Ternate, sirup pala.

5. Kopi Rempah

Bagi anda pencinta kopi harus mencoba jenis kopi ini. Kopi rempah adalah kopi yang diproduksi dari beberapa rempah-rempah terbaik Maluku Utara. Kopi rempah memiliki nilai historis, karena dahulunya disajikan hanya khusus bagi para tamu kehormatan di empat kesultanan Maluku Utara, yakni Kesultanan Ternate, Tidore, Bacan dan Jailolo.

Oleh-oleh khas Ternate, kopi rempah.

6. Kaos Ternate

Oleh-oleh terakhir yang wajib dibawa pulang adalah kaus khas Ternate yang memiliki motif berbagai tulisan dan sablon yang memperkenalkan daerah Ternate dan berbagai kosakata unik, dengan variasi desain, warna dan ukuran yang lengkap.

Untuk memperolehnya, Anda bisa mengunjungi lapak-lapak di kawasan Tapak II Jalan Lapangan Salero.

Oleh-oleh khas Ternate, kaus.

Laporan: VIVA/Ifan Gusti (Ternate, Maluku Utara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya