Solo Traveler Wajib Lakukan 7 Hal Agar Tetap Aman

Ilustrasi traveling seorang diri.
Sumber :
  • dok. pexels

VIVA – Bertualang ke tempat baru bisa memperkaya jiwa. Apalagi jika Anda melakukannya seorang diri, dijamin jadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Tapi meski ide solo traveling sangat menarik, pergi ke negara lain atau tempat asing sendirian tetap saja bisa terasa menakutkan. Jangan khawatir, dengan tujuh trik dari para travel blogger, Anda bisa kok bertualang dengan aman seorang diri.

1.Pelajari kata-kata emergency bahasa setempat

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Meski Anda sudah menguasai kata-kata dasar sehari-hari seperti halo, selamat tinggal dan terima kasih, sebaiknya pelajari juga bagaimana cara berkomunikasi dengan warga lokal saat keadaan emergency.

"Ketika Anda perlu bertanya arah ke RS terdekat atau menelepon polisi, mengetahui beberapa kata dalam bahasa setempat bisa melancarkan usaha Anda mencari bantuan," kata Kiersten Rich, alias The Blonde Abroad, dikutip dari laman Reader's Digest.

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

2.Jangan takut berbohong

Berbincang dengan penduduk lokal memang menyenangkan. Tapi jika percakapan mulai membuat Anda tidak nyaman, tak apa-apa berbohong demi kebaikan Anda.

"Saya sering ditanya apakah saya lajang atau menikah, di mana saya menginap, apakah saya bepergian sendiri dll," kata Cailin O'Neil, blogger di Travel Yourself. Memberikan informasi pribadi bisa berbahaya. Karena seseorang terlihat baik, belum tentu ia memiliki niat yang baik pula. Jadi tidak ada salahnya Anda melakukan white lie.

3.Hindari perlihatkan barang berharga

"Hal pertama yang pencopet incar adalah kamera mahal yang Anda gantungkan di leher, atau smartphone yang menyembul dari kantong celana," kata Rich.

Sebaiknya bawa tas yang cukup besar untuk menampung semua kebutuhan traveling, termasuk gadget. Hanya keluarkan barang berharga saat benar-benar dibutuhkan. Hal ini juga berlaku untuk perhiasan serta barang desainer yang membuat Anda terlihat mencolok.

4.Manfaatkan teknologi dengan maksimal

Tetap terhubung saat solo traveling dengan membeli SIM card negara yang dituju. "Memiliki akses internet telah banyak membantu saya ketika tersesat. Saya bisa menggunakan Google map untuk mencari jalan," kata O'Neil.

Selain mencari arah, Anda bisa berkomunikasi dengan teman saat di perjalanan untuk memberi rasa aman. Jangan lupakan charger handphone dan powerbank.

5.Tinggalkan headphone

Menutup telinga yang merupakan salah satu panca indera penting, bisa mengurangi kewaspadaan Anda dan menjadi target yang empuk untuk diikuti atau dicopet.

"Memang paling mudah mengusir jenuh di perjalanan atau saat mengantre dengan mendengar musik. Tapi lebih penting untuk selalu waspada dan tetap fokus pada keadaan sekitar," terang O'Neil. Apalagi jika Anda memakai headphone mahal yang menarik perhatian.

6.Percaya pada insting

"Jika situasi terasa aneh dan tidak nyaman, keluar dari tempat itu sesegera mungkin," saran O'Neil. Jangan membuang waktu untuk mengira-ngira apakah intuisi Anda benar atau salah.

Jika sesuatu terasa tidak beres, maka besar kemungkinan memang benar. Jadi jika Anda berada dalam situasi yang terasa tidak benar, maka secepatnya tinggalkan. Jangan abaikan insting dan intuisi Anda.

Keamanan nomor satu!

Yang terpenting dalam solo traveling tentu saja faktor keamanan. Minimalkan segala risiko yang bisa mengancam keselamatan dan kenyamanan Anda selama traveling. Untuk itu, sebaiknya Anda memiliki asuransi travel. Asuransi travel bisa mencegah Anda mengeluarkan biaya tambahan yang tidak perlu, ketika liburan tidak berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.

Jangan khawatir asuransi travel akan membuat budget traveling membengkak. Karena ada asuransi travel menawarkan premi dengan harga yang terjangkau, namun tetap memberikan benefit yang maksimal. Salah satunya adalah yang ditawarkan oleh happyTrip dari happyOne.id.

Happy One menawarkan dua jenis asuransi travel, yaitu HappyTrip Domestik yang memiliki keunggulan perlindungan pembatalan perjalanan, bagasi dan barang pribadi, keterlambatan penerbangan, biaya medis akibat kecelakaan dan evakuasi medis darurat dan repatriasi.

Sedangkan HappyTrip International akan memberikan perlindungan pembatalan perjalanan, bagasi dan barang pribadi, keterlambatan penerbangan hingga biaya medis akibat kecelakaan dan sakit.

Dengan memiliki asuransi travel, Anda pun bisa bepergian dengan tenang dan nyaman, karena sudah bersiap atas segala kemungkinan buruk. Informasi lebih lengkap mengenai manfaat dari happyTrip bisa dilihat di www.happyone.id.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya