Cantiknya Desa Silalahi, Surga di Tepian Danau Toba

Pantai Bukit Ceria, Silalahi, Kabupaten Dairi Danau Toba
Sumber :
  • Viva.co.id/Anugrah Andriansyah

VIVA – Danau Toba di Sumatera Utara sudah dikenal dengan pemandangannya yang memanjakan mata. Dikelilingi 7 kabupaten, Danau Toba memiliki ciri khas pemandangan di setiap wilayahnya. Salah satunya pemandangan Danau Toba dari Desa Silalahi, Kabupaten Dairi. 

Selebgram Meli Joker Bunuh Diri, Pemuda Indonesia Disebut Rentan Alami Gangguan Mental

Perpaduan hamparan perbukitan dengan jernihnya air Danau Toba menjadi daya tarik wisatawan di Silalahi. Memiliki waktu tempuh sekitar 4 jam dari Kota Medan, tak heran jika setiap akhir pekan tepatnya di Pantai Bukit Ceria, Silalahi banyak digandrungi wisatawan untuk berkemah. 

Ketika tiba di Pantai Bukit Ceria, tepian Danau Toba, mata pengunjung langsung tertuju ke sebuah pulau yang tak jauh dari bibir pantai. Memiliki bentuk yang cukup unik, menjadikan pulau itu sebagai spot wisatawan untuk berswafoto. Pemandangan semakin indah karena pada bagian bibir Pantai Bukit Ceria berjejer tenda-tenda. 

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Banyak yang bisa dilakukan di Pantai Bukit Ceria, Silalahi, seperti berkemah, memancing, berenang, atau sekadar menikmati pemandangan Danau Toba dari bibir pantai. 

Menurut warga setempat, Rismauli br Situngkir selain Desa Silalahi, terdapat destinasi indah lainnya yakni Paropo yang tidak jauh dari Pantai Bukit Ceria. Namun, wisatawan lebih memilih Pantai Bukit Ceria untuk dijadikan destinasi wisata. 

Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

"Banyak yang mendirikan tenda di sini, apalagi  akhir pekan. Di Pantai Bukit Ceria ini pernah sebanyak 1000 tenda. Tapi banyak yang bilang ini Paropo padahal bukan. Paropo sebelum pantai ini," katanya kepada VIVA, Sabtu 8 Desember 2018. 

Keindahan Pantai Bukit Ceria semakin menakjubkan karena air Danau Toba yang begitu jernih. Tidak adanya keramba di pantai ini menjadi salah satu faktor bersihnya air Pantai Bukit Ceria, Danau Toba. Bahkan masyarakat sekitar melarang adanya keramba ikan di Pantai Bukit Ceria. 

"Kita tidak kasih keramba. Ini kan tempat wisata jadi dilarang keramba. Tapi di desa sebelah masih banyak, padahal tidak bagus untuk wisata Danau Toba," ujarnya. 

Mengunjungi Silalahi membuat wisatawan bisa menikmati pemandangan dari sisi lain Danau Toba. Tidak ada salahnya mencoba menikmati pemandangan perbukitan hijau di Silalahi. Bisa dikatakan Silalahi tidak kalah jauh dengan pemandangan Danau Toba dari Menara Pandang Tele, Pangururan, Kabupaten Samosir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya