Destinasi Favorit Penumpang Kereta di Libur Natal Tahun Baru

Ilustrasi rangkaian kereta api.
Sumber :
  • ANTARA/Raisan Al Farisi/hp

VIVA – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah tiket kereta api sudah hampir habis terjual. Banyak dari masyarakat Indonesia yang memilih kereta sebagai moda transportasi liburannya.

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Dari beragam destinasi liburan Natal dan Tahun Baru, ada sejumlah kota tujuan yang menjadi favorit para penumpang kereta api. Lalu, destinasi mana saja yang menjadi favorit mereka pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kali ini?

Menurut Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, kereta dengan destinasi ke arah timur Jawa masih yang menjadi pilihan utama.

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

"Jadi untuk destinasi yang jadi favorit itu ada yang ke Yogyakarta, Purwokerto, Cilacap, Surabaya dan Malang. Khusus untuk kelas ekonomi, tujuan itu sangat laku,"ungkap Dadan saat ditemui di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, Kamis 13 Desember 2018.

Ia mengungkapkan, salah satu kereta api yang paling banyak diminati ialah Kertajaya dengan relasi Pasar Senen, Jakarta-Pasar Turi, Surabaya. Ia menjelaskan, kereta dengan 14 rangkaian gerbong ini selalu penuh dipesan penumpang ketika musim libur Natal dan Tahun Baru.

Libur Natal dan Tahun Baru, Mobil Ini Dilarang Lewat Jalan Tol

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Dadan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 19 kereta api tambahan demi menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru. Adapun kereta api reguler yang beroperasi selama masa Natal dan Tahun Baru ada sebanyak 60 perjalanan dengan jumlah tempat duduk yang disiapkan mencapai 35.336.

"Kami terus berusaha meningkatkan pelayanan untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang kereta api," kata dia. (umi)

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021