5 Masalah yang Sering Terjadi saat Traveling, Begini Cara Atasinya

Ilustrasi menunggu pesawat di bandar udara.
Sumber :

VIVA – Akhir tahun dan liburan panjang, asyiknya diisi dengan traveling ke tempat-tempat seru. Liburan akhir tahun pun menjadi 'tradisi' banyak orang, baik bersama keluarga, teman atau pasangan.

Jalan Tol Bukan Area Bebas Aturan

Ke mana pun destinasi Anda, tentu Anda ingin menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Meski Anda sudah menyiapkan semua keperluan traveling, kejadian tak terduga bisa saja terjadi.

Tapi jangan khawatir, ada solusi untuk mengatasinya agar mood liburan tidak terganggu. Nah, ada baiknya Anda mempersiapkan diri untuk lima masalah traveling yang sering terjadi, serta cara mengatasinya.

Klaim Asuransi Kendaraan Kini Jauh Lebih Cepat

Ketinggalan pesawat

Laura Davidson, pendiri LDPR perusahaan public relation untuk travel dan lifestyle, menyarankan,"Jika Anda memesan tiket melalui agen perjalanan, segera hubungi agen untuk memesan ulang." Dikutip dari Reader's Digest, salah satu kelebihan memesan tiket melalui agen perjalanan adalah mereka akan membantu masalah ini, jadi Anda tidak harus mengurusnya sendiri.

4 Tips Cari Asuransi yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Jika Anda memesan tiket sendiri dan telah berada di airport, cari jadwal penerbangan selanjutnya. Tunggu lah di gate yang sesuai agar petugas maskapai bisa menempatkan Anda di daftar stand by. Ada baiknya Anda men-download aplikasi maskapai yang digunakan, untuk bisa memeriksa up date informasi penerbangan.

Kamar hotel yang 'enggak banget'

Ternyata kamar yang Anda pesan tidak memuaskan atau tidak sesuai bayangan. Tak perlu membuang waktu mengeluh kepada resepsionis. Akan lebih efektif jika Anda berbicara langsung kepada orang yang bertanggung jawab di sana. "Biasanya saya akan langsung menemui resepsionis untuk minta bertemu dengan manajer hotel. Lalu dengan baik-baik dan sopan saya minta untuk mengganti kamar sambil membeberkan alasannya," kata Davidson.

Jika cara itu tidak berhasil, di era media sosial seperti saat ini, Anda bisa mem-posting keluhan di medsos. "Sebagian besar hotel memiliki staf yang memantau media sosial mereka untuk mengantisipasi tamu yang tidak puas," lanjut Davidson.

Bagasi 'nyasar'

"Segera hubungi pihak maskapai melalui customer service," saran Jessica Bisesto, editor senior di TravelPirates. "Banyak maskapai akan mengganti bagasi yang terlambat lebih dari enam jam, pastikan untuk menyimpan tanda terima. Tanyakan juga apakah maskapai akan menanggung biaya transportasi jika Anda harus kembali ke bandara keesokan hari untuk mengambil bagasi," lanjut Jessica.

Sebaiknya sediakan tas untuk kabin yang berisi semua barang keperluan dasar, seperti pakaian dalam, charger internasional jika Anda bepergian ke luar negeri, charger handphone, toiletries, make up dan obat-obatan. Dengan begitu jika koper Anda hilang, paling tidak Anda akan bertahan sementara hingga koper ditemukan.  

Reservasi tidak terdaftar

Biasakan cek beberapa kali untuk pemesanan akomodasi seperti tiket dan hotel sebelum keberangkatan. "Terkadang ada perubahan yang tidak diinformasikan kepada Anda," kata Davidson. Meski Anda bisa memperlihatkan reservasi secara digital yang lebih praktis, tidak ada salahnya mencetak reservasi untuk berjaga-jaga kalau handphone Anda mati.

Anda atau anggota keluarga sakit

Jatuh sakit saat traveling tidak akan menyenangkan, makanya Anda harus bersiap-siap sebelum keberangkatan. Persiapkan obat-obatan dasar seperti paracetamol, obat batuk, obat pencernaan, obat diare atau obat-obatan yang harus rutin diminum.

Jika penyakit yang mendera tergolong ringan, seperti diare akibat makanan, pergi lah ke concierge hotel. Banyak hotel memiliki dokter yang stand by dan bisa dipanggil atas permintaan, dengan membayar sejumlah biaya.

Sakit saat traveling sudah pasti akan merepotkan, apalagi jika Anda berada di luar negeri. Tentu biaya pengobatan yang harus dikeluarkan akan sangat besar. Oleh sebab itu memiliki asuransi travel, terlebih saat traveling ke luar negeri akan menjadi 'penyelamat' saat kondisi darurat.

Selain tidak perlu khawatir jika bagasi hilang atau Anda jatuh sakit di tempat asing, asuransi travel punya sederet manfaat lain.

Tapi jangan berpikir kalau asuransi travel itu mahal. Sebab, ada asuransi travel yang menawarkan premi dengan harga yang terjangkau, namun tetap memberikan benefit yang maksimal. Salah satunya adalah yang ditawarkan oleh happyTrip dari happyOne.id.

Happy One menawarkan dua jenis asuransi travel, yaitu HappyTrip Domestik yang memiliki keunggulan perlindungan pembatalan perjalanan, bagasi dan barang pribadi, keterlambatan penerbangan, biaya medis akibat kecelakaan dan evakuasi medis darurat dan repatriasi.

Sedangkan HappyTrip International akan memberikan perlindungan pembatalan perjalanan, bagasi dan barang pribadi, keterlambatan penerbangan hingga biaya medis akibat kecelakaan dan sakit.

Dengan memiliki asuransi travel, Anda pun bisa bepergian dengan tenang dan nyaman, karena sudah bersiap atas segala kemungkinan buruk. Informasi lebih lengkap mengenai manfaat dari happyTrip bisa dilihat di www.happyone.id.  

Ditulis oleh: Cesaria Tri Hapsari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya