Libur Natal Tahun Baru, Yogyakarta Jadi Tempat Wisata Paling Dituju

Ilustrasi-Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Sumber :
  • Antara

VIVA – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah permintaan tiket perjalanan ke berbagai destinasi mengalami peningkatan. Peningkatan libur Natal dan Tahun Baru 2019 pun diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan libur idul fitri.

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Menurut Chief Operating Officer Mister Aladin, Nitha Sudewo hal ini terjadi karena masyarakat berlibur bukan hanya di Desember saja tetapi berlanjut hingga ke bulan Januari.

"Liburan Natal dan Tahun Baru kali ini lebih populer, data dari kami untuk quartal ke empat tahun ini melonjak 124,08 persen dibanding quartal keempat di tahun lalu," kata dia saat ditemui dalam acara Travel Insight 2018 Mister Aladin, di Plataran Menteng Jakarta, Senin 17 Desember 2018.

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

Dia melanjutkan, dari data itu bukan hanya hotel saja yang mengalami peningkatan. Penjualan tiket kereta pun mengalami kenaikan. Kebanyakan masyarakat memilih Yogyakarta, Semarang dan Surabaya sebagai destinasi libur Natal dan Tahun Baru, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya.

"Kebanyakan konsumen memilih naik kereta untuk pergi ke destinasi yang tidak kalah populer dibandingkan destinasi-destinasi yang hanya bisa dijangkau pesawat. Kami melihat adanya peningkatan 39 persen untuk pemesanan tujuan Yogyakarta, 55 persen untuk pemesanan tujuan Semarang dan 60 persen untuk pemesanan tujuan Surabaya," kata dia.

Libur Natal dan Tahun Baru, Mobil Ini Dilarang Lewat Jalan Tol

Bukan hanya ketiga daerah itu saja, Bali pun dikatakan Nitha masih menjadi destinasi favorit masyarakat Indonesia untuk liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

Penumpang KAI

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Pada periode libur Natal yakni 24-26 Desember 2021, PT KAI melayani 146.634 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 48.878 pelanggan per hari.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2021