Angkut 2.321 Wisman, 2 Kapal Pesiar Singgah di Sabang

Kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan CT 3 Sabang, Aceh.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi (Aceh)

VIVA – Dua kapal pesiar yang mengangkut sebanyak 2.321 wisatawan mancanegara bersandar di Pelabuhan CT 3 Sabang, pada Selasa, 18 Desember 2018.

Plesiran Pakai Kapal Pesiar Kian Diminati, Azamara Cruise Singgah di Bali

Kapal tersebut yakni Kapal Seabourn Ovations berbendera Bahama dan Kapal Tui Discovery berbendera Kolombia. Mereka bersandar pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB.

Semenjak bersandar di Sabang, ribuan turis tersebut langsung tumpah ruah di jalanan Sabang. Mereka juga disambut dengan tarian Aceh, Ranup Lampuan.

INFOGRAFIK: Menguak Kapal Pesiar Terbesar di Dunia, 5X Dari Titanic

Kepala Pelabuhan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Zulkarnaini Abdullah mengatakan, kapal pesiar Tui Discovery memiliki penumpang berjumlah 1.752 dan MS Seabourn Ovation dengan jumlah penumpang 569 orang.

Momen penting ini menambah suasana Kota Sabang sebagai salah satu destinasi Wisata kapal pesiar lebih menggeliat. Mereka berbelanja berbagai barang dan suvenir. Pedagang pun meraup banyak Dollar dari para turis ini. Dua kapal pesiar itu pun kembali melanjutkan perjalanan menuju Thailand pada malam harinya.

Mau Rasakan Pengalaman Wisata Kapal Pesiar Kelas Dunia? Begini Caranya

Pada Tahun 2018, sudah enam kapal pesiar yang singgah di Sabang. Rata-rata mengangkut ribuan wisatawan yang berasal dari penjuru dunia.

“Pada tahun ini, sudah enam kapal pesiar singgah di Kota Sabang. Dampaknya bisa dirasakan oleh para pedagang, tukang becak, serta pengusaha sektor pariwisata. Bisa sampai ratusan juta Rupiah berputar uang yang dibelanjakan oleh para turis ini,” kata Zulkarnaini kepada VIVA, Selasa, 18 Desember 2018.

Pihaknya pun berencana untuk terus menarik minat wisatawan kapal pesiar (cruise) dan kapal layar (yacht) untuk terus berkunjung ke Kota Sabang. Untuk tahun depan, ia menargetkan 10 kapal pesiar yang sudah dijadwalkan masuk ke Sabang.

BPKS, kata dia, memiliki unit khusus Manajemen Pelabuhan yang berada di bawah Deputi Bidang Komersial dan Investasi. Dalam memberikan pelayanan, unit ini terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk membangun hubungan dengan pengelola pelabuhan yang berada di dalam dan luar negeri, serta menguatkan hubungan antar pemangku kepentingan. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya