Menpar Siapkan Wisata Khusus untuk Generasi Milenial

Pulau Lengkuas Belitung
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Generasi milenial menjadi pasar potensial di banyak bidang, salah satunya industri pariwisata. Mereka cenderung memiliki keinginan untuk mengaktualisasikan diri, mencari spot-spot wisata baru yang Instagramable. Peluang ini kemudian dibaca oleh Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan destinasi khusus bagi para milenial. 

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

"50 persen traveller yang datang ke Indonesia adalah milenial, selain besar, mereka juga lantang," kata Menpar Arief Yahya, di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Gambir, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. 

Menpar menjelaskan, generasi milenial ini memiliki ciri senang datang ke destinasi wisata baru, selfie, narsis, dan tak segan mengeluarkan uang demi untuk mendapat pengalaman baru. 

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

"Mereka senang spending untuk experience daripada owning sesuatu. Pakai mobil yang sharing daripada beli mobil. Dan mereka sangat digital savvy," katanya menambahkan.

Potensi pasar yang begitu besar sayangnya belum mampu dirangkul oleh Kementerian Pariwisata, sehingga di tahun 2019, pemerintah fokus untuk membuat Calendar of Event (CoE) khusus bagi generasi milenial. 

300 Ribu Wisatawan Indonesia Diprediksi Bakal Kunjungi Korea di 2024, Ini Kata KTO

"Meski beberapa milenial suka, tapi tidak deliberately untuk mereka. Karena itu kita membentuk tim khusus mengawal milenial tourism," kata Menpar yang menargetkan CoE bagi milenial selesai di triwulan pertama tahun 2019. 

Bentuk-bentuk milenial tourism yang akan disusun pemerintah antara lain, seperti digital tourism, nomadic tourism, membuat event sangat berwarna, dan pastinya membuat promosi yang sangat terlihat milenial. 

Ilustrasi traveling.

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Impian liburan ke luar negeri tak pernah semudah ini! Bagi Anda yang menginginkan liburan seru ke berbagai destinasi menarik, maskapai Airasia memberikan diskon terbang.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024