5 Alasan untuk Berlibur ke Selandia Baru di Tahun 2019

Aoraki Mount Cook National Park Canterbury, Selandia Baru.
Sumber :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

VIVA – Tahun baru hanya tinggal beberapa hari lagi. Sudahkah Anda menyusun resolusi 2019? Jika salah satu resolusi Anda adalah traveling dan pergi ke tempat baru, mungkin Selandia baru bisa menjadi destinasi pilihan.

Sri Mulyani Bertemu Menkeu Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Berdasarkan hasil riset terbaru, jumlah wisatawan dari Indonesia yang bepergian ke Selandia Baru telah meningkat hampir dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Anda juga mungkin menemukan keseruan perjalanan dan petualangan beberapa selebriti dan influencers di media sosial ketika berkunjung ke Negeri Kiwi, seperti Nadine Chandrawinata, Dimas Anggara, Anggey Anggraini, Wahyu Mahendra dan Kadek Arini.

Deretan Negara yang Memiliki Work Life Balance Terbaik di Dunia, Adakah Indonesia?

Nah, Tourism New Zealand (TNZ) telah merangkum lima alasan yang bisa membuat Anda semakin yakin untuk membeli tiket ke Selandia Baru di tahun 2019. Berikut ini di antaranya, dikutip dari rilis yang diterima VIVA, Rabu, 26 Desember 2018.

1. Lebih banyak cara untuk bepergian ke Selandia Baru

Hari Ke-2 Lebaran, Prabowo Keliling Kunjungi Kerabat: Jokowi, ARB, Dasco, Zulhas hingga Airlangga

Mengunjungi Selandia kini lebih mudah dengan penerbangan langsung dari Jakarta ke Auckland menggunakan Air New Zealand dan Singapore Airlines melalui Star Alliance. Penerbangan baru yang dijadwalkan berangkat tiga kali dalam sehari ini tentu saja akan mempersingkat waktu transit dan meningkatkan konektivitas melalui hub Singapura.

Dengan demikian, orang Indonesia bisa memiliki lebih banyak waktu untuk menjelajahi Selandia Baru karena durasi penerbangan yang lebih pendek.

2. Beragam pengalaman dapat dijangkau dengan mudah

Anda bisa menemukan banyak hal yang menarik di Selandia Baru, mulai dari gletser dan fiord yang spektakuler, budaya yang autentik, hingga aktivitas yang mendebarkan. Selain itu, jarak yang dekat antar daerah dan berbagai transportasi yang tersedia, seperti bus, kereta api, dan mobil, memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai pengalaman berbeda dalam satu hari.

Bayangkan saja, Anda bisa bermain salju dan berenang di lautan yang hangat hanya dalam jangka waktu 24 jam. Jika salah satu resolusi tahun 2019 Anda adalah mencoba berbagai pengalaman yang unik, coba berkunjung ke Selandia Baru untuk mewujudkannya.

3. Pemicu adrenalin dengan latar belakang alam yang mengagumkan

Selandia Baru juga terkenal dengan berbagai aktivitas yang mendebarkan, seperti skydiving, bungee jumping, caving dan off-road driving. Nah, tahun 2019 akan menjadi lebih istimewa lagi dengan hadirnya wahana pemompa adrenalin yang baru diluncurkan, yakni Nevis Catapult, hasil karya A.J. Hackett, perusahaan yang memperkenalkan bungee jumping ke seluruh dunia.

Berlokasi di Nevis Valley dekat Queenstown, para pencinta adrenalin akan ‘ditembakkan’ dan meluncur sejauh 150 meter pada lintasan di atas ngarai, sebelum akhirnya jatuh dengan kekuatan 3G (3x berat maksimum yang melekat pada mereka) dengan kecepatan hampir 100 kilometer per jam dalam 1,5 detik.

4. Keramahan penduduk lokal yang membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri

Selama Anda berada di Selandia Baru rasakan kehangatan ‘Manaakitanga’ yang memiliki arti keramahan penduduk lokal dengan mendengarkan berbagai cerita yang mereka bagi saat memandu Anda selama perjalanan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri pernah merasakan langsung sambutan hangat yang diberikan penduduk lokal dalam kunjungannya ke Selandia, untuk merayakan 60 tahun hubungan bilateral antara kedua negara. Beliau bahkan berkesempatan untuk menikmati upacara penyambutan dengan melakukan salam Hongi bersama para sesepuh suku M?ori.

5. Mengagumi bintang-bintang yang terang di langit malam

Sebagai salah satu negara dengan langit tergelap di dunia, Selandia Baru merupakan tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan bintang di langit malam. Salah satu lokasi terbaik adalah Aoraki Mount Cook Village yang jauh dari gemerlap lampu kota, sehingga tidak ada yang menghalangi gemerlap cahaya bintang.  

Anda juga dapat menikmati indahnya langit bertabur bintang pada perayaan Tahun Baru Maori yang dikenal dengan Matariki. Acara istimewa ini dirayakan pada bulan Mei atau Juni ketika rasi bintang Pleiades, yang disebut Matariki oleh orang-orang Maori, muncul di ufuk timur laut.

Pada tahun 2019, Matariki akan dimulai pada tanggal 10 Juni. Ikuti rangkaian perayaan ini, mulai dari pemeran seni hingga festival, parade dan workshop. Pastikan juga untuk berkunjung ke Star Compass (?tea a Rangi) di Waitangi Regional Park, Hawke’s Bay, di mana Anda dapat mengetahui bagaimana para leluhur Maori menggunakan rasi bintang sebagai penunjuk arah. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya