Imbas Tsunami Selat Sunda, Pengunjung Ancol Merosot Drastis

Ancol di momen Tahun Baru 2019
Sumber :
  • VIVA/ Shalli Syartiqa

VIVA – Tak seperti momen pergantian tahun 2018, kawasan Pantai Ancol yang biasanya ramai dipadati pengunjung, kini, saat malam pergantian tahun 2019 justru terlihat lebih lengang. Termasuk di awal tahun baru, 1 Januari 2019.

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Dibanding tahun lalu, jumlah pengunjung Ancol tahun ini mengalami penurunan drastis pascabencana tsunami yang melanda Serang, Banten dan sekitarnya pada 22 Desember 2018.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, C. Paul Tehusijarana saat berbincang dengan VIVA, Selasa, 1 Januari 2019 di Pantai Lagoon, Ancol.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

"Turun (pengunjung malam tahun baru) jauh turunnya, kejadian di Serang itu tanggal 22 Desember, tanggal 23 Desember pengunjung Ancol lebih tinggi dari tahun lalu. Tapi, tanggal 24 Desember sampai semalam itu turun, dan turunnya signifikan, drastis," kata Paul.

Pihak Ancol terus menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia jika Ancol aman untuk didatangi.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

"Kita terus jelaskan bahwa bedanya Ancol sama pantai lepas lainnya itu seperti apa. Cuma kita harus perangi yang hoax, karena yang hoax itu lumayan memengaruhi ya. Terus hujan seharian kemarin, jadi itu ada pengaruh juga," katanya.

Turun drastisnya jumlah pengunjung Ancol ini adalah hal yang pertama kali sepanjang sejarah malam tahun baru di Ancol. Apalagi, turunnya hingga berada di bawah angka 100 ribu pengunjung.

Untuk menarik perhatian kembali, Paul pun mengatakan, Ancol memberikan berbagai macam promo dan acara untuk memeriahkan liburan masyarakat.

Siang ini ada penampilan Via Vallen, tepat pukul 14.00 WIB di panggung Pantai Lagoon. Yang lainnya, ada juga event menarik dari beragam wahana Ancol mulai dari Dufan, Fauna Land, ada Tayo di Gelanggang Samudera, hingga SeaWorld yang menawarkan aneka promo dan acara menarik lainnya.

"Kita sudah menyiapkan semuanya untuk seluruh pengunjung. Dan khusus hari ini, kalau naik busway (Transjakarta) buy one get one free masuk Ancol. Cuaca hujan seperti ini sangat berpengaruh dengan pengunjung. Tapi dari pagi sudah banyak pengunjung yang berlibur di Ancol," katanya.

Di awal tahun 2019, pihak Ancol berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati wahana tanpa takut.

"Banyak inovasi baru di 2019 ini. Masing-masing wahana sedang kita lakukan, dari tahun 2018 sampai sekarang masih berjalan. Di Dufan paling besar inovasinya," tuturnya.

Dia menjelaskan, Dufan tahun ini memiliki wahana baru, Dunia Kartun di dalam Dufan. Lewat wahana itu, wisatawan akan melihat langsung area yang bentuknya kartun dari seluruh dunia, dan di dalamnya ada banyak permainan untuk anak usia 8 tahun ke bawah. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya