Kunjungan Wisatawan di Semarang Naik Pesat saat Libur Tahun Baru 2019

Semarang Bridge Fountain
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Peluncuran atraksi air mancur menari termegah pertama di Indonesia, Semarang Bridge Fountain, berhasil mencuri perhatian dunia. Itu terbukti dari ludesnya pemesanan kamar hotel oleh wisatawan dalam dan luar negeri ke Kota Semarang pada malam Tahun Baru 2019.

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Data beberapa travel agent online menunjukkan kamar tersewa penuh pada hampir semua hotel di kota berjuluk lumpia itu. Meski dengan kondisi hujan saat peluncuran, ribuan orang memadati area atraksi air mancur yang serupa dengan jembatan Seoul, Korea Selatan itu. 

Usai meluncur perdana, Pemerintah Kota Semarang pun merilis jadwal reguler atraksi Semarang Bridge Fountain. Air mancur ini akan secara rutin dipertontonkan untuk masyarakat, yakni dua hari setiap minggunya pada Jumat serta Sabtu di jam 19.30 dan 21.00 WIB. Setiap pertunjukkannya, Semarang Bridge Fountain akan dinyalakan dengan durasi 30 menit.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

Jadwal tersebut didasari atas pertimbangan ketertiban dan kelancaran lalu lintas, seperti yang tertulis dalam rilis Dinas PU Kota Semarang melalui akun Instagram resminya. Informasi yang diberikan tersebut sekaligus mengubah jadwal yang direncanakan pengoperasian setiap hari sebelumnya.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menegaskan, meski menjadi magnet wisatawan, namun Semarang Bridge Fountain bukanlah satu-satunya objek wisata di Kota Semarang yang ia dorong untuk dikunjungi. 

Cantiknya Jembatan Kaca Tinjomoyo Semarang, Kapan Dibuka?

Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, bahkan menyebutkan jika pada libur tahun baru, sejumlah objek wisata juga mengalami kenaikan pengunjung yang cukup signifikan. Salah satunya adalah objek wisata kebun binatang milik Pemerintah Kota Semarang, Semarang Zoo. 

"Kenaikan pengujung di Taman Marga Satwa hingga enam kali lipat. Lalu wisata hutan Tinjomoyo naik empat kali lipat," kata Hendi di Semarang, Rabu, 2 Januari 2018. 

Direktur Taman Satwa Kota Semarang, Samsul Bahri Siregar, menjelaskan, jika pada masa liburan akhir tahun tercatat ada 66.913 wisatawan yang mengunjungi Semarang Zoo. Dari puluhan ribu wisatawan tersebut, Samsul menyebut jika Semarang Zoo mampu mendapatkan pemasukan hampir Rp1,2 miliar. 

"Tertinggi pada tanggal 1 Januari (2019) kemarin, yang tahun kemarin hanya ada sekitar 4 ribu pengunjung dalam satu hari, melonjak hingga lebih dari 25 ribu pengunjung," jelasnya.

Ia mencatat bahwa sepanjang tahun 2018, semua objek wisata yang ada dalam pengelolaan Pemerintah Kota Semarang mengalami lonjakan pengunjung yang signifikan. 

"Seperti yang dikatakan Pak Wali, Hutan Wisata Tinjomoyo contohnya pada tahun 2017 dalam satu tahun hanya dikunjungi 9.409 wisatawan, sedangkan di tahun 2018 mencapai 38.386 kunjungan wisata," kata Samsul.

(tsy)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya