Begini Cara Mandeh Tarik Minat Wisatawan Datang Berkunjung

BRI Mandeh Run 2019
Sumber :
  • Rintan/VIVA.co.id

VIVA – Mandeh, sebuah teluk yang terletak di pantai barat pulau Sumatera ini mungkin tak setenar kawasan dengan pesona alam memukau lainnya di Indonesia seperti Raja Ampat atau Danau Toba, tapi soal keindahan jangan ragukan lagi. Kalahnya popularitas keindahan Mande tak lain karena sulitnya akses menuju tempat tersebut.

Sandiaga Uno Tegaskan Indonesia Aman Dikunjungi Wisatawan

Jika sebelumnya akses jalan di Mandeh cukup sulit ditempuh dan menghabiskan waktu dua jam lebih, kini dengan adanya jalan penghubung dari Padang ke Mandeh yang baru diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Jalan sepanjang kurang lebih 41 kilometer tersebut menyajikan keindahan pemandangan Samudera Hindia. Bangga atas keindahan serta dibukanya jalur dengan pemandangan menakjubkan tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) bekerjasama dengan Karambia Runners dan BRI Runners serta didukung Kementerian Pariwisata akan menggelar lomba lari BRI Mandeh Run 2019.

Hore! Di Gunung Prau Sudah Ada Posko Kesehatan dan Musala

"Saat ini baru saja selesai (jalan). Orang bisa menginjak aspal di kawasan itu setelah dibangun 2,5 tahun atas perintah Presiden. Besar kemungkinan ini jadi tempat rekreasi favorit di darat ataupun laut. Kita ingin mensyukuri itu dengan menggagas Mandeh Run dengan tiga kategori," kata Komisaris Utama Bank BRI dan juga tokoh penggerak Kawasan Wisata Mandeh, Andrinof A. Chaniago, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta Pusat, Senin 14 Januari 2019.

Menpar, Arief Yahya kemudian menambahkan,"Jalannya sudah jadi dan (ini) syukuran pertama. Seberapa indah itu sudah dinyatakan Presiden, Mandeh itu Raja Ampat-nya Sumatera. Saya menetapkan Mandeh sebagai pariwisata terpadu."

Mengintip Wisata Batam, Hotel Mewah Hingga Banyak Pantai Indah

Menurut Menpar, dengan digelarnya event sport tourism seperti ini akan sangat efektif untuk mempromosikan wilayah Mandeh ke mancanegara, terlebih event yang akan digelar tanggal 3 Maret 2019 ini juga akan diikuti oleh atlet mancanegara yang bisa berperan sebagai endorser sehingga memiliki media value tinggi.

"Target panitia BRI Mandeh Run 2019 akan diikuti 2 ribu peserta dari dalam negeri dan mancanegara diharapkan akan mendapat liputan dan media balue yang besar sehingga Mandeh akan terpromosikan secara luas,” ujar Menpar.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni yang ditemui dalam kesempatan sama juga menyatakan keindahan Mandeh yang tidak bisa dilewatkan begitu saja melalui event kali ini.

"Mandeh ini mungkin kalau berkunjung ke sana lebih indah dari Raja Ampat. Tidak ada orang yang ke Mandeh yang mengatakan tidak bagus. Tapi memang ini belum terkenal. Sekarang jalannya sudah seperti jalan tol, view-nya indah,” ujar Hendrajoni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya