Berlibur ke Penang, Jangan Lewatkan 4 Destinasi Ini

Wisata Penang Kampung Nelayan Chew Jetty.
Sumber :
  • Viva.co.id/Bimo Aria

VIVA – Pulau Penang ialah salah satu rute destinasi yang dikunjungi sebelum menuju ke Phuket dan kembali lagi ke Singapura. Pulau yang juga merupakan bagian dari Malaysia ini juga menawarkan beragam wisata bersejarah di dalamnya.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

VIVA sendiri berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat yang menjadi ikon dari destinasi ini dalam perjalanan bersama dengan Sapphire Cruise. Meski dalam waktu yang cukup singkat, setidaknya ada 5 tempat wisata yang dapat dikunjungi. Nah, jika berencana untuk mengunjungi Pulau Penang, berikut ini rekomendasinya:

George Town

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Destinasi yang satu ini menawarkan beragam bangunan-bangunan bersejarah dari Pulau Penang, dan tentu saja Malaysia secara keseluruhan. Destinasi ini, konon merupakan salah satu kota pelabuhan di Selat Malaka.

Kota ini berkembang sekitar tahun 1786 dan menjadi tempat lalu lintas perdagangan bagi India dan juga China. Maka tidak heran jika di kawasan ini banyak ditemui warga keturunan China dan India. Di tempat ini wisatawan juga dapat berkeliling dengan sepeda yang disediakan secara gratis. Wisatawan hanya cukup menginstal aplikasi dan mengikuti arahan. 

Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang

Ku Kong Hock Keong Kuan Im

Kuil yang satu ini konon merupakan salah satu kuil tertua dan juga terpopuler di Georgetown. Dalam sejumlah catatan sejarah, kuil ini dibangun sekitar tahun 1800 dan digunakan untuk beribadah dan juga tempat masyarakat berkumpul. Pada masa sebelumnya tempat ini juga dikenal sebagai tempat untuk berunding dan menyelesaikan permasalahan di masyarakat. 

Kini Kuil Kuan Im ini lebih banyak digunakan untuk beribadah dan menjadi salah satu destinasi wisata, terutama bagi wisatawan mancanegara. Di tempat ini wisatawan juga dapat melakukan ritual keagamaan dan mengenal akan keberagaman. 

Kuil Sri Mahamariamman 

Kuil Sri Mahamariamman, merupakan kuil Hindu tertua, dan juga Situs Warisan Dunia George Town. Kuil ini dibangun pada tahun 1833 dan direnovasi secara besar-besaran pada tahun 1933. Renovasi itu terlihat dengan kubah menara masuk yang menonjol. 

Kampung Nelayan Chew Jetty

Clan Jetties merupakan bagian dari Penang Heritage Trail. Sebelumnya ada tujuh dermaga di Chew Jetty, namun kini tinggal enam karena satu dermaga hancur dilahap api. Destinasi ini dianggap sebagai salah satu benteng terakhir dari permukiman Cina kuno di pulau itu. Masyarakat tepi laut ini adalah rumah bagi rumah-rumah panggung dari berbagai klan Cina.

Berlokasi di Lebuh Chulia (di samping Masjid Kapitan Kling) di Pengkalan Weld (Weld Quay), desa-desa apung ini berumur lebih dari seabad. Setiap dermaga diberi nama sesuai dengan klan Cina - Dermaga Chew adalah yang paling ramah turis dengan rumah panggung, dan juga beberapa kuil yang bisa dikunjungi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya