Logo BBC

Museum Pitt Rivers Inggris Kembalikan Ratusan Jenazah ke Seluruh Dunia

Upacara khusus digelar saat jenazah tetua Maori kembali ke Selandia Baru. - Te Papa
Upacara khusus digelar saat jenazah tetua Maori kembali ke Selandia Baru. - Te Papa
Sumber :
  • bbc

Inggris menyimpan harta karun rampasan era kolonial di berbagai museum di seluruh penjuru negara mereka. Namun seiring perubahan zaman, bagaimana cara museum itu mengelola koleksi sensitif berupa jenazah manusia yang diawetkan?

Museum Pitt Rivers di Oxford didirikan dan menyimpan koleksi jenderal Inggris era Victoria, Augustus Pitt Rivers. Museum ini menyimpan setidaknya dua ribu sampel mayat manusia.

Seluruh potongan tubuh itu dibawa ke Inggris dari berbagai koloni, tanpa memperhatikan dampak terhadap masyarakat di lokasi penjarahan.

Pitt Rivers adalah satu dari beberapa institusi Inggris yang kini berada di bawah tekanan untuk mengevaluasi koleksi era kolonial.

"Kami tidak bisa mengulang sejarah, tapi kami dapat mengambil bagian dalam proses pemulihan," kata Laura van Broekhoven, orang nomor satu di Pitt Rivers.

Van Broekhoven menyebut proses pemulihan itu akan dilakukan melalui pembicaraan terbuka dengan mereka yang terdampak penjarahan.

Sejak pengesahan Human Tissues Act tahun 2004—beleid yang melonggarkan aturan pemindahan potongan jenazah—Pitt Rivers telah mengembalikan 22 bagian tubuh ke negara asalnya.

Ini adalah gelombang pengembalian jenazah ke bekas negara jajahan, tapi ini barulah permulaan.