Cara Simpel Bebas Pegal dan Kaki Bengkak Saat di Pesawat

Ilustrasi kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Jika harus bepergian jauh, pesawat bisa jadi pilihan moda transportasi terbaik. Perjalanan panjang bisa ditempuh dalam waktu yang lebih singkat. Meski praktis, berlama-lama di pesawat menimbulkan ketidaknyamanan.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Apalagi jika Anda duduk di bangku ekonomi dengan jarak yang sempit. Alhasil berada dalam posisi kaki tertekuk dengan ruang terbatas dalam waktu lama dapat membuat aliran darah terhambat. Akibatnya, kaki hingga pinggang akan terasa pegal.

Tapi ada, kok cara yang bisa Anda praktikkan agar tubuh bagian bawah tetap nyaman selama perjalanan jauh. Trik untuk membuat aliran darah tetap lancar selama berada di atas pesawat diungkap oleh pramugari Emirates, Lauren Guilfoyle seperti dilansir dari The Sun.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Anda bisa mencoba gerakan sederhana untuk menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Lauren pun mengungkap caranya, "Gerakkan kaki membentuk huruf alfabet untuk menjaga aliran darah serta menghindari pembengkakan mata kaki."

Hal itu penting dilakukan terutama untuk penerbangan jarak jauh. Di mana DVT atau Deep Vein Thrombosis dapat timbul akibat tidak ada gerakan pada bagian kaki dalam jangka waktu lama.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Gerakan membentuk huruf alfabet dengan kaki tidak hanya menjaga aliran darah di bagian bawah tubuh saja. "Gerakan itu akan membuat pipi terlihat memerah serta membuat lebih terjaga ketika turun dari pesawat," kata Lauren. Artinya, aliran darah dari kaki hingga kepala tetap lancar.

Selain pegal, kaki bengkak juga kerap dialami oleh penumpang dalam penerbangan panjang. Cara untuk mencegahnya adalah dengan minum cukup air serta mengenakan kaus kaki selama penerbangan.

Satu tips lagi untuk penumpang penerbangan panjang, jangan lupa mengubah jam sesuai waktu tujuan serta gunakan semprotkan air mawar untuk menjaga wajah tetap segar dan terhidrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya