Usai Imlek, Ribuan Wisatawan Malaysia Padati Danau Toba

Danau Toba
Sumber :
  • VIVA/Uga Andriansyah

VIVA – Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Indonesia. Bahkan, wisatawan mancanegara asal Malaysia memadati Danau Toba, Sumatera Utara, pascaperayaan Tahun Baru Imlek tahun 2019.

Parade Kapal Hias-Yacht Mewah di Sabang Marine 2024 Pukau Wisatawan Asing

Direktur Pemasaran Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT), Basar Simanjuntak mengatakan, dua hari usai Imlek, sebanyak 2.000 wisatawan asal Malaysia berkunjung ke danau vulkanis terbesar se-Asia Tenggara ini.

"Kalau kami hitung-hitung, untuk tahap pertama ini ada 2.000 wisatawan Malaysia yang terbang ke sini," ujarnya di Pantai Bebas Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat, 8 Februari 2019.

Kunjungan Wisman ke RI Januari 2024 Jadi yang Tertinggi dalam 4 Tahun

Kunjungan wisatawan asal Malaysia itu terlihat dalam peningkatan jumlah kursi pesawat salah satu maskapai, yakni Air Asia yang terbang menuju Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Kunjungan itu diprediksi akan meningkat pada akhir pekan ini.

"Selalu dalam kondisi penuh dari kapasitas 170 orang per flight. Arus penumpang maskapai lain dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, juga dalam kondisi serupa," ujar Basar.

Wisatawan Mancanegara Melancong ke RI di 2023 Naik Dua Kali Lipat, Tembus 11,7 Juta

Pasca perayaan Tahun Baru Imlek, BPODT juga menggelar event bertema Lake Toba Chinese New Year Splendor pada 6 hingga 9 Februari 2019 di Pantai Bebas, Parapat. Dalam event itu pengunjung disuguhi beragam pertunjukan seni dan budaya serta suguhan kuliner.

"Dengan acara ini, kami ingin mencoba sejak awal tahun membangkitkan semangat dalam momentum perayaan Imlek. Kami terus memunculkan semangat baru lagi. Sekarang sudah ada Parapat Night Market. Parapat ini harus hidup, terutama malam," tuturnya. (csr)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno di Kuala Tungkal

Sandiaga Uno Berharap Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Festival Arakan Sahur di Jambi

Sandiaga Uno Berharap Negara Luar Negeri Berwisata Arakan Sahur di Jambi

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024