Bidik 20 Juta Wisman, Kemenpar Gelar Lomba Foto Bawah Laut

Suasana bawah laut Taman Nasional Bunaken.
Sumber :
  • Instagram/@emenardiansyah

VIVA – Kementerian Pariwisata mendukung penuh mitra co-branding Wonderful Indonesia, dalam hal ini Sea Safari Cruise untuk mempromosikan wisata bawah laut Indonesia. Keduanya bekerja sama menggelar lomba foto alam bawah laut Indonesia dengan hadiah total mencapai Rp150 juta.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Vita Datau Messakh menjelaskan, event ini diselenggarakan guna mempromosikan keindahan Indonesia.

“Tujuannya mendukung pencapaian 20 juta wisman (wisata mancanegara) di tahun ini. Sekarang ini kan banyak sekali orang nge-post foto bagus-bagus. Kita memberikan penghargaan kepada fotografer, terutama yang amatir, supaya karya mereka dihargai,” kata Vita, Senin, 18 Februari 2019.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Dipilihnya lomba kategori alam bawah laut bukan tanpa alasan. Kata Vita, luasan wilayah Indonesia 73 persen terdiri atas lautan.

“Ada 17 ribu pulau. Itu banyak lautnya. Lalu, 17 persen flora dan fauna dunia ada di Indonesia. Kita juga punya garis pantai yang cukup panjang. Kita terkenal dengan negara maritim. Fotografi di bawah laut itu hal utama,” ujarnya.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

Meski sudah terekspose cukup baik, wisata bawah laut Indonesia belum memberi sumbangsih cukup besar dibanding wisata budaya dan wisata alam, termasuk alam buatan. “Portofolionya tidak terlalu besar. Budaya 60 persen, sisanya sebesar 40 persen,” ujarnya.

Direktur Marketing Sea Safari Cruise, Eva Tanudjaja, mengatakan bahwa perusahaannya lebih banyak menyediakan paket wisata Indonesia timur seperti Pulau Komodo, Raja Ampat, Pulau Alor, Labuan Bajo, Sumba, Sumbawa, dan lain sebagainya.

“Sejauh ini yang paling banyak menikmati paket wisata kami adalah turis asal Tiongkok. Itu yang pertama, selanjutnya domestik dan yang ketiga adalah India. Selebihnya ada dari Australia, Eropa, Middle East, dan sejumlah negara lain,” katanya.

Paket wisata Indonesia timur bukan tanpa sebab dipilih. Eva menegaskan komitmen perusahaannya untuk terus mengenalkan potensi bahari, khususnya alam bawah laut Indonesia yang begitu indah kepada wisatawan. Menurutnya, sudah menjadi komitmen Sea Safari Cruise untuk ikut ambil bagian mempromosikan pulau-pulau kawasan Indonesia timur yang tak kalah indah.

“Jadi, kami menyiapkan paket tur sambil bermalam di kapal kami. Ada beberapa kamar yang telah kami sediakan. Yang membanggakan, turis asing amat senang menjelajah keindahan alam dan budaya Indonesia timur. Sebaliknya, turis domestik justru belum banyak yang tahu. Misalnya Raja Ampat, di mana lokasinya, itu masih banyak yang belum tahu,” tuturnya.

Berdiri sejak 1989, pada tahun ini Sea Safari Cruise sudah memperkenalkan keindahan alam dan budaya Indonesia, khususnya di kawasan timur kepada lebih dari 10 ribu wisatawan. Untuk harga, paket wisata menuju Labuan Bajo dan Raja Ampat dengan paket makan malam, menginap di kapal dan paket diving atau snorkeling dibanderol seharga US$400-450.

Sementara itu, untuk paket dinner saja dijual seharga US$55 untuk turis asing. Sementara itu, bagi turis lokal paket ini dihargai Rp500 ribu.

“Kita punya keindahan alam yang tiada duanya di dunia. Misalnya Raja Ampat yang dinobatkan sebagai salah satu the best diving in the world. Ini potensi yang luar biasa yang mesti dioptimalkan untuk menumbuhkan perekonomian nasional. Kami ingin men-support Kementerian Pariwisata untuk memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia kepada seluruh dunia,” ujar Eva.

Event lomba foto bawah laut ini resmi bisa diikuti selama periode per 1 Maret-31 Mei 2019. Ada empat juri terpilih, yakni Kemal Gani (Group Chief Efitor SWA Media), Jay Wijayanto (Tenaga Ahli Co-Branding Kemenpar RI), Rizanto Binol (Tenaga Ahli Co-Branding Kemenpar RI), dan I Nyoman Suardana (Senior Dive Master Sea Safari Cruise).

Diharapkan peserta menyertakan foto yang diambil sendiri oleh mereka (original). Foto-foto tersebut juga harus diambil dari objek wisata bawah laut di wilayah Indonesia.

Foto harus sudah diunggah di media sosial, khususnya Instagram dengan memberi tagar #sscohotocomp dengan mention akun @seasafari.cruises @tiket.com dan @telkomsel. Menurut panitia, foto yang diikutsertakan peserta untuk lomba sebaiknya lebih dari satu atau sebanyak-banyaknya untuk bisa dipilih yang terbaik dari yang ada.

Selain penilaian juri, pemenang juga ditentukan atau dipilih atas dasar like terbanyak yang akan diumumkan pada 1 Juni 2019. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya