Traveling Seru Anti Tekor, Coba 5 Cara ala Travel Blogger

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Rawpixel

VIVA – Semua orang bisa liburan, hanya tergantung niat dan anggaran yang dimiliki. Biasanya, mereka yang banyak pertimbangan justru berakhir tanpa bisa mewujudkan obsesi traveling.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Sebenarnya, traveling tak serumit yang dibayangkan. Bahkan enggak perlu khawatir jika anggaran yang dimiliki terbatas. Kuncinya, pilih saja tempat tujuan yang sesuai anggaran. Yang penting jangan sampai memaksakan diri hanya karena ingin pergi ke tempat yang sebenarnya tidak terjangkau. Kalau begitu, yang ada usai liburan justru pusing yang didapat.

Kalau mau liburan bebas pusing, kantong bolong dan tetap bahagia, yuk, ikuti tips dari travel blogger, Trinity, penulis buku The Naked Traveler saat mengisi acara A Balance Life- Save Up and Travel the World untuk berbagi pengalaman liburan bersama karyawan Bank DBS Indonesia.

Tips Liburan Keluarga Ala Tasya Kamila, Perhatian Lebih untuk Si Kecil

Budgeting

Sebelum liburan, buat anggaran komponen penting seperti tiket pulang pergi, akomodasi, makan, entrance fee (biaya masuk tempat wisata). Selain itu menurut Trinity, perlu ada budget khusus untuk hiburan

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

"Biaya 'kenakalan', misalnya ke bar, belanja. Sebelum pergi kalau enggak mau tekor, harus bikin budgeting," katanya.

Travel light

Berhubung membawa bagasi lebih artinya juga mengeluarkan uang lebih, ada baiknya mulai pintar memilah barang apa saja yang harus dibawa dan ditinggalkan. Tidak semua barang yang memenuhi koper akan dipakai selama liburan, kan?

Transportasi publik

Transportasi umum dikenal sebagai moda transportasi dengan biaya paling terjangkau, pas untuk mereka para sobat misqueen. Kalau tak ingin uang tak tersisa sepulang dari traveling, pertimbangkan gunakan transportasi umum.

Masak sendiri

Ini kelebihan kalau memilih penginapan seperti AirBnB atau penginapan lain dengan dapur. Membawa bekal makanan sendiri tak dimungkiri bisa membantu menghemat pengeluaran selama traveling.

Temukan aktivitas murah

Tempat seperti museum atau pantai biasanya bisa dikunjungi tanpa membayar. Untuk itu manfaatkan semaksimal mungkin fasilitas gratis yang ada di setiap negara.

"Yang biasa saya lakukan kalau ke luar negeri, browsing free walking tour. Biasanya tiap Ibu Kota negara ada, tapi based on tips, jadi harus kasih tips ke guide. Melakukan ini bisa dapat insight baru dari warga lokal, dapat sehat juga karena jalan," kata Trinity.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya