Siap-siap 100 Event Wisata Seru di Aceh Selama 2019, Catat Tanggalnya!

Suasana di Kota Banda Aceh, NAD.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA – Pemerintah daerah Aceh merilis Calender of Events (CoE) dengan menampilkan 100 atraksi wisata selama 2019. Acara ini mulai digelar bulan Maret mendatang, sementara untuk rilis di tingkat nasional dijadwalkan pada pertengahan Maret 2019 oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

CoE Aceh 2019 ini dikemas dengan unik dan menarik serta bernuansa wisata halal yang dibagi menjadi dua segmen. Segmen pertama, yaitu 10 top event Aceh 2019 dan 90 event unggulan. Khusus 10 top event ini, tiga di antaranya masuk dalam kalender 100 event Wonderful Indonesia 2019 di Kemenpar RI.

Tiga event tersebut, yaitu Aceh Culinary Festival (Banda Aceh, 5–7 Juli), Saman Gayo Alas Festival (Blangkejeren, 18 Agustus) dan Aceh International Diving Festival (Sabang, 6–7 Oktober).

Viral Turis Korea Dikecam Gegara Tindakan Tak Senonoh di Festival Kebudayaan Thailand

Sementara tujuh top event lainnya, yakni Festival Ramadhan (Banda Aceh, 12-18 Mei), Kemah Wisata (Simeulue, 20-23 Juni), Pulau Banyak International Festival (Aceh Singkil, 23 – 27 Juli), Banda Aceh Coffee Festival (1–3 Agustus), Festival Danau Laut Tawar (Aceh Tengah, 2–4 Agustus), Aceh International Rapa’I Festival (Bireuen, 24-27 Agustus) dan Alas Rafting International Championship (Aceh Tengah, 28 Oktober).

Sebanyak 90 atraksi lainnya akan beriringan dengan top event wisata yang digelar di 21 kabupaten/kota di Aceh, yang meliputi wisata berbasis alam, budaya dan sejarah.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

“Semakin banyak jumlah atraksi wisata akan semakin berkembang destinasi baru di Aceh, dan semakin terbukanya Aceh kepada wisatawan sebagai destinasi yang aman, nyaman dan menawan.” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin saat me-launching soft Calender of Event di Aceh, Senin, 25 Februari 2019.

Dengan 100 event ini sudah seharusnya memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi wisata yang patut diunggulkan di Indonesia. Pemasaran destinasi pariwisata Aceh terus dilakukan dengan mengadopsi strategi branding, advertising dan selling, dengan tetap mengedepankan prinsip pelestarian lingkungan dan penguatan nilai budaya yang Islami.

Atraksi wisata tersebut juga akan dikemas dengan semenarik mungkin agar wisatawan bisa betah dan bertahan lama di Aceh. Pemerintah Aceh menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2019 diprediksi menjadi 150 ribu orang dan wisatawan nusantara menjadi 3 juta orang.

"Angka kunjungan wisatawan Muslim ke Aceh diharapkan juga meningkat, dari 35 ribu tahun 2018 menjadi 40 ribu tahun 2019," katanya. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya