Wajib Tahu, 7 Tips Aman bagi Wanita yang Hobi Solo Traveling

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Pixabay/SplitShire

VIVA – Di zaman modern saat ini, ternyata masih ada wanita yang sering merasa memiliki banyak hambatan dan larangan atau perasaan takut melakukan sesuatu. Salah satunya dalam hal berwisata, terutama saat melakukan solo traveling.

Antisipasi Kebutuhan Lebaran, Pertamina Tambah Stok 7,36 Juta Tabung Elpiji 3 Kg

Padahal, mereka bisa melakukan apapun yang mereka suka, termasuk solo traveling ke destinasi manapun yang mereka inginkan. Dan menjelang Hari Perempuan Internasional yang didedikasikan untuk merayakan wanita dan pencapaian mereka yang jatuh setiap tanggal 8 Maret, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking dalam satu platform, Traveloka memberikan sejumlah tips.

Berikut ini beberapa tips bagi wanita yang ingin melakukan solo traveling, seperti dalam rilis Traveloka yang diterima VIVA, Rabu, 6 Maret 2019.

Begal Sadis, Modus Ban Kempes Lalu Tikam Korbannya 9 Kali dan Rampas Emas juga Uang

1. Kenali tempat tujuan

Teliti dan pahami budaya dan tradisi setempat sebelum kunjungan Anda. Hal ini penting dilakukan agar saat sudah sampai di tempat tujuan wisata tidak terkaget-kaget dengan apa yang biasa dilakukan masyarakat lokal, termasuk kemungkinan larangan yang harus dihindari.

Tas LV Berisi Uang dan Emas, Kecelakaan Maut Tol Cikampek hingga Arab Saudi Pantau Hilal

2. Bijak dan cerdas

Tidak seperti melakukan traveling bersama keluarga ataupun teman, melakukan solo traveling artinya harus bisa mengandalkan diri sendiri. Untuk itu, jadilah bijak dan cerdas dalam setiap pilihan yang dibuat.

3. Waspada

Meski terlihat aman, tetap saja Anda harus ingat jika tengah berada di negara orang. Bahkan di negara sendiri sekalipun, jangan kendurkan kewaspadaan karena kejahatan bisa terjadi di mana saja, terlebih Anda pasti terlihat sebagai sasaran empuk karena bepergian seorang diri. Jadi ingat untuk tetap waspada terhadap lingkungan Anda dan hindari daerah terpencil dan selalu waspada terhadap orang yang baru ditemui, jangan mudah tergoda.

4. Pastikan keamanan barang bawaan

Selain waspada terhadap lingkungan, jangan lupakan juga barang-barang bawaan Anda. Simpan barang-barang berharga dengan aman setiap saat.

5. Simpan uang terpisah

Simpan uang di berbagai tempat untuk menghindari kejadian pencopetan. Hal ini penting dilakukan jika saja hal buruk terjadi seperti pencopetan, sehingga masih ada uang cadangan lain.

6. Kenali area penting

Seperti kantor polisi, rumah sakit, kedutaan lokal atau kantor penting lain di destinasi pilihan.

7. Update

Selalu beri tahu teman dan keluarga tentang rencana di hari itu dan lakukan komunikasi dengan orang terdekat sesering mungkin untuk memastikan Anda dalam keadaan aman.

Melakukan traveling seharusnya menjadi sarana dalam mendapatkan pengalaman yang menggembirakan dan menginspirasi ketika dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, lakukan mini-research terhadap setiap pemilihan destinasi untuk memastikan kesiapan melakukan perjalanan. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya