3 Tipe Traveler Berdasarkan Transaksi Online Travel

Pembelian tiket secara online.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Dengan kemudahan yang ditawarkan, bisnis online travel semakin mengalami peningkatan. Menurut Head of Business Development ShopBack Indonesia Yolanda Margaretha,   volume pemesanan online travel menunjukan pertumbuhan yang luar biasa di tahun 2018, dengan peningkatan hingga 260 persen.

Soekarno-Hatta Airport Gets the Busiest Title in Southeast Asia

Yolanda menambahkan, saat ini dekstop masih menjadi pilihan utama pelancong dalam memesan produk travel secara online. Namun, perlahan pengguna berpindah ke aplikasi ponsel untuk melakukan transaksi online travel. Tingkat pertumbuhan aplikasi mobile setidaknya 1,5 kali lebih cepat ketimbang desktop di 2018.

“Hal ini pun sesuai dan konsisten dengan laporan ShopBack sebelumnya, di mana penjualan secara online lebih banyak terjadi di aplikasi ponsel hampir di seluruh kategori utama produk. Jika tren ini terus berlanjut, aplikasi ponsel akan jauh melampaui desktop sebagai platform terkemuka dalam transaksi online travel di kuartal-kuartal mendatang,” ungkap Yolanda dalam keterangan tertulisnya pada VIVA, Rabu, 13 Maret 2019.

GrandMax Maut Tewaskan 12 Orang di Tol Cikampek Mobil Travel Gelap? Ini Kata Kapolri

Dari para pelanggan yang melakukan transaksi melalui ShopBack, ada tiga tipe pelancong yang dikelompokkan berdasarkan perilaku mereka saat memesan kebutuhan traveling di platform online travel.

Pelancong Spontan

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Pelancong tipe ini merupakan mereka yang memesan dan melakukan perjalanan kurang dari satu hari. Pelancong tipe ini lebih memilih bertransaksi melalui aplikasi ponsel. Yang tergolong tipe ini termasuk mereka yang suka melakukan perjalanan bisnis atau mereka yang sangat membutuhkan liburan dengan waktu yang cepat.

Pelancong ‘Menit Terakhir'

Mereka yang suka memesan online travel dalam kurun waktu seminggu sebelum waktu perjalanan, termasuk ke dalam kategori ini. Kelompok pelancong ini menggunakan platform desktop dan aplikasi ponsel secara berimbang.

Pelancong Terencana

Pelancong terencana adalah mereka yang mempersiapkan, memesan akomodasi, serta membeli tiket perjalanan lebih dari seminggu sebelum keberangkatan. Data ShopBack menunjukkan, 67 persen dari tipe ini melakukan perjalanan ke luar negeri dengan durasi perjalanan yang cukup panjang.

Di antara tiga tipe pelancong ini, Pelancong terencana menghabiskan USD370 atau sekitar Rp5,28 juta lebih banyak dibanding tipe pelancong lainnya.

“Namun, hal ini tidak berlaku di Indonesia, di mana nilai rata-rata transaksi yang dilakukan ketiga tipe pelancong ini cenderung berimbang, berkisar Rp6,7 - Rp6,9 juta,” imbuh Yolanda.

Adapun destinasi domestik favorit masyarakat Indonesia adalah Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, serta Bandung. Sedangkan untuk destinasi luar negeri masyarakat Indonesia senang melancong ke Singapura, India, Jepang, dan Malaysia.(row)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya