Logo timesindonesia

Pantai Cacalan, Tawarkan Sunrise dan Panorama Selat Bali

Pemandangan Wisata Pantai Cacalan, Banyuwangi. (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Pemandangan Wisata Pantai Cacalan, Banyuwangi. (FOTO: Roghib Mabrur/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Wisata pantai yang menyuguhkan pemandangan berlatar belakang Selat Bali menjadikan nilai plus bagi pantai-pantai yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Seperti di Pantai Cacalan, terletak di Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

Layaknya Lukisan alam, Pantai Cacalan memang menawarkan sensasi yang berbeda dibanding pantai lainnya. Wisatawan dapat berjalan di atas pantai yang cukup luas dan saat air surut tiba. Wisatawan juga dapat melihat aneka biota laut disela-sela terumbu karang, sekaligus melihat pemandangan matahari terbit dari ufuk timur pulau Jawa ini.

"Rata-rata wisatawan luar kota banyak yang berkunjung ke sini, seperti Jember, Bondowoso dan Situbondo, apalagi akhir pekan dan hari libur, ramai sekali yang berlibur ke pantai ini," ucap Darmawan Sekertaris Pokdarwis Pantai Cacalan. Minggu, (07/04/2019).

Darmawan mengungkapkan bahwa rata-rata jumlah wisatawan yang bekunjung ke pantai Cacalan di hari kerja sebanyak 400 orang, sementara di akhir pekan mencapai 1.200 orang.

Pantai Cacalan sendiri buka mulai jam 06.00 WIB hingga jam 00.00 WIB. Keamanan sangat terjamin, karena setiap harinya ada petugas keamanan secara bergantian menjaga lokasi pantai Cacalan.

Bagi wisatawan yang ingin mandi atau membeli makanan, Tak perlu khawatir, karena fasilitas toilet dan mushala tersedia di sini. Serta terdapat 8 warung yang menjajakan makanan khas Banyuwangi. Semua yang mengelola pantai Cacalan ini merupakan masyarakat lokal sekitar pantai. Mereka tergabung dalam kelompok sadar wisatawa (Pokdarwis) pantai Cacalan.

Daya tarik Pantai Cacalan selain tiket masuknya yang murah hanya Rp2.000 per orang di hari kerja, di hari libur atau akhir pekan Rp3.000 per orang dan juga parkir gratis, juga masalah kebersihan yang sangat terjaga dengan baik.