Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, RI Rajin Edukasi Masyarakat

Pameran produk halal.
Sumber :
  • Official MIHAS

VIVA – Tahun ini, untuk pertama kalinya Indonesia berhasil menduduki peringkat teratas bersama Malaysia, sebagai destinasi halal terbaik di dunia. Keberhasilan ini, sekaligus menghapus dominasi Malaysia, yang hingga tahun lalu secara delapan tahun berturut-turut menduduki posisi pertama. 

Kini, Ada Wisata Halal yang Digabungkan dengan Umroh

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya menyambut bangga kemenangan tersebut. 

"Akhirnya, Indonesia nomor satu. Kemenangan itu direncanakan," kata dia, saat ditemui dalam report laporan GMTI di Hotel Pullman Jakarta Pusat, Selasa 9 April 2019. 

5 Rekomendasi Wisata Halal di Hong Kong, Ada Masjid yang Dibangun Tahun 1840-an

Di sisi lain, CEO CrescentRating dan HalalTrip, Fazal Bahardeen menjelaskan, perkembangan yang dilakukan oleh Indonesia, sehingga bisa menduduki posisi tersebut adalah adanya komitmen dari pemerintah, untuk terus memberikan edukasi baik kepada pelaku bisnis wisata maupun masyarakat mengenai halal. 

"Selama 2015-2019, pekerjaan yang dilakukan adalah memberikan edukasi mengenai halal. Tidak hanya soal apa itu destinasi halal, tetapi juga meluruskan mispersepsi mengenai wisata halal," kata dia. 

Kemenparekraf Tingkatkan Rating Indonesia dalam Wisata Ramah Muslim Berbasis Masjid

Selain itu, yang juga harus dilakukan oleh Indonesia adalah mempromosikan diri sebagai negara yang ramah terhadap Muslim. Sebab, lanjut dia, wisatawan datang untuk menikmati makanan, hingga culture dan semua sudah dimiliki Indonesia. 

"Malaysia sudah mempromosikan sebagai negara ramah Muslim atau halal sejak lama. Sedangkan Indonesia, baru saja melakukan hal itu. Penting bukan hanya mengedukasi saja, tetapi juga mempromosikan diri sebagai negara ramah Muslim," kata dia. (asp)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Bernilai Fantastis, Sandiaga Uno Minta Tingkatkan Penyediaan Produk Halal

Produk halal tak hanya jadi pusat perhatian negara-negara muslim saja, tetapi juga negara dengan minoritas muslim. Hal itu dibuktikan banyak negara tawarkan wisata halal.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2023