5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Ajukan Visa Korea Selatan

Gangnam, Seoul, Korea Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrotustianah

VIVA – Dalam tujuh tahun terakhir, jumlah visa yang diterbitkan pemerintah Korea Selatan mengalami peningkatan hingga empat kali lipat. Hal ini tak lepas dari pengaruh budaya K-Pop yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, serta ekspansi pertukaran ekonomi antara Korea Selatan dan Indonesia sebagai dampak dari Korean wave itu sendiri.

Jadi Tempat Favorit Idol Korea dan Bebas Visa, Begini Tips Berkunjung Ke Pulau Jeju untuk First Timer

Meski cukup menggiurkan untuk berkunjung ke Korea Selatan, namun pengajuan visa Korea Selatan selama ini dianggap sangat sulit serta membutuhkan persyaratan yang tidak sedikit. Padahal, jika telah mengikuti peraturan yang telah ditetapkan, mengurus visa Korea sebenarnya sangat mudah.

Nah, berikut ini yang perlu diketahui saat mengajukan visa ke Korea Selatan seperti disampaikan Park Jae-wan, Counselor and Consul Kedutaan Besar Republik Korea Selatan di Indonesia, saat ditemui di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2019.

5 Rekomendasi Wisata Korea Selatan, Paling Populer di 2023

1. Biaya

Untuk pengajuan visa perorangan dikenakan biaya aplikasi visa sebesar Rp196 ribu dengan total biaya pengajuan visa yang perlu disiapkan Rp780ribu untuk single visa.

Pertama Kali ke Korea Selatan? Ini 3 Destinasi Wajib Dikunjungi

2. Waktu

Proses pengajuan visa dari pengajuan hingga terbit bervariasi. Untuk visa kunjungan singkat 6 hari kerja, tidak termasuk hari pengajuan. Sementara untuk visa multiple dan group adalah dua hari, tidak termasuk hari pengajuan.

3. Formulir

Siapkan formulir pengajuan visa, surat keterangan kerja, Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT), slip gaji dan rekening koran tiga bulan terakhir. Namun, SPT tidak diwajibkan. Sementara slip gaji dan rekening koran tiga bulan terakhir merupakan hal yang harus disertakan saat mengajukan visa ke Korsel.

"Tidak perlu pakai SPT untuk yang apply. Kalau melampirkan surat keterangan kerja dan slip gaji, tidak dimintakan SPT. Sebagai gantinya kita telepon ke kantor, slip gaji dan lainnya," ujar Park.

4. Visa Multiple

Untuk pengajuan visa multiple bisa hanya melampirkan dokumen yang sesuai persyaratan tanpa harus melampirkan dokumen keuangan. Pembebasan dokumen keuangan bagi pegawai perusahaan besar dan mahasiswa universitas ternama juga menjadi kemudahan lain yang ditawarkan.

Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia berencana untuk mengumumkan daftar perusahaan besar dan universitas ternama di Indonesia sekitar pertengahan tahun ini.

5. KVAC

Pengajuan visa kini dilakukan di KVAC yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 5. Selain itu ada sistem online untuk group visa, sehingga memudahkan mereka yang mengajukan visa tanpa harus datang. Bahkan visa juga dikirimkan lewat sistem online.

"Kita membuat simple. Online visa, mereka tidak perlu datang ke KVAC. Mereka apply lewat online dan kami issue lewat online," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya