Tiap Tahun, Dusun di Denpasar Ini Berubah Jadi Kampung Ramadan

Kampung Ramadan di Bali
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan

VIVA – Setiap kali Ramadan tiba, dusun di salah satu Kota Denpasar selalu menjadi kampung Ramadan. Adalah Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Ya, hampir saban tahun Dusun Wanasari berubah menjadi kampung Ramadan. Setiap bulan suci umat Muslim tiba, warga dusun yang juga dikenal dengan warga Kampung Jawa itu menjajakan menu makanan khas untuk berbuka puasa

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Segala aneka macam menu kudapan khas untuk berbuka puasa disajikan. Mulai dari kudapan ringan hingga makanan berat tersaji di sini. Otomatis, Kampung Jawa menjadi lokasi favorit bagi umat muslim Kota Denpasar untuk berburu menu makanan buka puasa. Ada takjil, aneka macam es, dan makanan berat seperti rendang, sate, serta sejumlah menu makanan lainnya.

Rohimin salah satu warga Dusun Wanasari mengatakan, sudah sejak lama dusunnya selalu berubah menjadi kampung Ramadan setiap kali bulan puasa tiba. 

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

"Sudah dari dulu di sini memang selalu jadi kampung Ramadan. Awalnya karena mayoritas warga dusun di sini umat muslim. Untuk keperluan berbuka puasa, beberapa warga mencoba menyajikan makanan khas Ramadan seperti takjil dan lainnya. Rupanya banyak yang datang ke sini dari daerah lain," kata dia sembari menjajakan sate susu, Senin, 6 Mei 2019.

Mendapat sambutan dari masyarakat Kota Denpasar, akhirnya diputuskan agar menjadikan Dusun Wanasari kampung Ramadan. "Dari situ kemudian berlanjut sampai saat ini," paparnya. 

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Tak hanya sekadar menjajakan menu kuliner khas Ramadan, di Dusun Wanasari juga kita bisa menggali nilai-nilai Islam lebih dalam. Sebab, persis di sebelah gang yang menjadi lokasi pasar Ramadan terletak Masjid Baitul Rahman. Setiap Ramadan, masjid ini menggelar berbagai macam kajian Islam, dari Subuh hingga berbuka puasa.

Ada pula pesantren kilat bagi anak-anak yang ingin mengaji. Semua dilakukan secara cuma-cuma alias gratis. "Ya, memang setiap tahun kami di sini mengisi berbagai kegiatan Keislaman untuk semua kalangan mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu, remaja hingga anak-anak," kata Ketua Yayasan Masjid Baitul Rahman, H Nadhlah.

Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024