Tips Traveling Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Ilustrasi traveling
Sumber :
  • dok. pexels

VIVA – Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan sambil melakukan perjalanan liburan mungkin terbayang begitu merepotkan. Tapi akan lain ceritanya jika perjalanan itu dilakukan oleh pelancong yang memang sudah terbiasa bepergian saat Ramadan.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Bagi mereka yang bepergian ke negara non-Muslim, di mana orang akan makan dan minum sepanjang hari, bahkan menemukan makanan halal untuk berbuka atau sahur menjadi hal yang menantang. Belum lagi, saat harus pergi ke negara dengan waktu berbeda.

Rashid Al Tamimi, senior presenter di Sheikh Mohammed Cultural Centre memberikan beberapa tips bagi mereka yang akan bepergian di bulan Ramadan seperti dilansir dari The Nation.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Bekal

Tamimi berpendapat, pelancong saat ini tak perlu risau untuk melakukan perjalanan wisata saat berpuasa, asal memiliki persiapan matang. Ketika puasa, yang perlu dilakukan adalah melakukan persiapan kecil sebelum berangkat. Seperti membawa kurma kapanpun pergi dan siapkan botol air minum kecil. Jadi ketika waktu buka puasa tiba, bisa berbuka di manapun berada.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Fasilitas Perjalanan

Banyak penerbangan yang memiliki fasilitas yang bisa digunakan penumpang untuk menemukan waktu bersembahyang di berbagai tempat di seluruh dunia. Bahkan ada program televisi bertema Ramadan.

Jika bepergian di tempat dengan waktu berbeda, meski puasa kurang dari waktu yang seharusnya, pelancong harus mengikuti waktu setempat untuk berbuka puasa atau sahur. Jika masih di dalam pesawat, biasanya kru pesawat akan memberitahu jika sudah saatnya berbuka.

Manfaatkan teknologi

Tak perlu bingung mencari makanan halal saat berada di negeri orang. Saat ini, sudah banyak beragam aplikasi canggih yang memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya aplikasi ini, bisa membantu Anda menemukan makanan halal, mengetahui waktu salat di negara yang dituju bahkan mencari lokasi masjid terdekat.

Makanan sehat

Mengikuti sunah Nabi Muhammad saat berbuka puasa bisa dilakukan. Berbuka puasa dari yang dicontohkan Nabi Muhammad adalah dengan kurma. Selain kaya kandungan mineral dan protein, kurma juga baik untuk dikonsumsi bahkan bagi mereka yang tidak puasa.

Untuk makanan berat, jika bingung menemukannya, Tamimi menyarankan konsumsi hidangan laut karena semua seafood halal. Jika tak yakin restoran atau kafe yang dikunjungi menyajikan hidangan halal, cukup hindari daging dan pilih hidangan vegetarian. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya