Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Akan Semakin Dikenal

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Pada 10 Maret tahu 2005 lalu dikeluarkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No.3 Tahun 2005 yang menetapkan Setu Babakan sebagai Perkampungan Budaya Betawi atas permintaan Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi).

Universitas Budi Luhur Lestarikan Budaya Betawi Lewat Lomba Pantun

Saat ini Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan merupakan salah satu pilihan destinasi wisata budaya di Jakarta. Akan tetapi masih banyak warga Jakarta sendiri yang tidak tahu apa itu Perkampungan Budaya Betawi, atau bahkan di mana letak Kampung Betawi Setu Babakan ini.

Frances Caitlin Tirtaguna berinisiatif membuat sebuah portal website PBB Setu Babakan agar siapa pun bisa mengakses dengan mudah informasi lengkap tentang kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi tersebut.

Cara Tak Biasa Tokoh-Pegiat Budaya Betawi Dukung Cak Imin Jadi Capres

Inisiatif itu lahir setelah melalui riset di PBB Setu Babakan untuk penulisan bukunya. Dari riset tersebut membuatnya berpikir bahwa PBB Setu Babakan masih kurang dalam hal publikasi.

"Salah satu alasan saya membuat website Perkampungan Budaya Betawi karena saya menyadari banyak orang yang tidak tahu dan kenal Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini," kata Frances dalam rilis yang diterima VIVA, Kamis, 16 Mei 2019.

Anies Baswedan hingga Haji Lulung Dapat Gelar Kehormatan Tokoh Betawi

Yahya Andi Saputra selaku Budayawan Betawi mengatakan bahwa awalnya PBB Setu Babakan ini tidak dikenal dan tertutup dari media. Ia pun berterima kasih kepada Frances karena telah membuat website yang akan mempromosikan salah satu objek wisata budaya edukatif yang ada di Jakarta tersebut.

“Alhamdulillah kami dibantu oleh Frances, kami bisa memperkenalkan perkampungan Betawi ini dan budayanya kepada masyarakat,” tutur Yahya.

Maksud dan tujuan Frances disambut baik oleh para tokoh Betawi dan Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan. Atas permintaan Abang dan Mpok di UPK PBB Setu Babakan serta beberapa pihak penting lainnya, maka disepakati nama website PBB Setu Babakan adalah www.setubabakanbetawi.com atau www.perkampunganbudayabetawisetubabakan.com.

Website yang diinisiasi perempuan berusia 16 tahun ini berisi informasi tentang sejarah, profil, fasilitas, ragam budaya (adat, kesenian, tradisi, kuliner Betawi), acara dan berita, serta mitra dagang.

Melalui website ini Frances juga bermaksud untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat PBB Setu Babakan. Karena pengunjung website bisa dengan mudah mencari informasi mengenai makanan dan minuman tradisional Betawi, kerajinan Betawi, hingga sanggar-sanggar kesenian Betawi.

Website itu sendiri telah diserahterimakan pada Rabu, 15 Mei 2019, di UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya