Tiket Pesawat Domestik Mahal, Orang Indonesia Pilih ke Luar Negeri

Ilustrasi tiket pesawat dan paspor.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Menutup kuartal pertama di tahun 2019, unit bisnis transportasi Traveloka membukukan pencapaian yang baik. Peningkatan penjualan tiket pesawat hampir 30 persen dibanding kuartal pertama tahun lalu.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Chief Executive Officer (CEO) Transport Traveloka, Caesar Indra mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dapat menutup kuartal pertama tahun ini dengan baik.

"Dapat kami sampaikan bahwa di unit bisnis Transport Traveloka, terdapat kenaikan hampir 30 persen di penjualan tiket pesawat terbang, dibanding periode yang sama tahun lalu,” ujar Caesar dikutip dalam siaran persnya, Sabtu, 18 Mei 2019.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menurut dia, hal ini menunjukkan, meskipun terdapat kelesuan di industri penerbangan akibat harga tiket yang melonjak hampir dua kali lipat, aplikasi Traveloka masih menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia untuk membeli tiket pesawat.

Dia menjelaskan, terjadi peningkatan pendapatan dari pembelian tiket ke luar negeri atau outbound travel yang lebih banyak dibandingkan pembelian tiket domestik. Peningkatannya mencapai hampir 70 persen ke tujuan Jepang, Korea Selatan, Inggris, Belanda, dan Perancis.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

"Sementara sisanya didapatkan dari pembelian tiket dari Asia Tenggara ke Indonesia, maupun lintas kota di wilayah Indonesia," kata dia.

Selain menawarkan tiket pesawat terbang, unit bisnis Transport Traveloka juga menawarkan end-to-end transportation, meliputi tiket kereta api, bus dan travel, antar jemput bandara dan rental mobil, yang juga memberikan kontribusi cukup baik dari keseluruhan pencapaian unit bisnis.

“Moda transportasi darat merupakan salah satu yang mulai digemari oleh para travelers. Hal ini sejalan dengan meningkatnya infrastruktur darat di Indonesia, serta makin meningkatnya kualitas transportasi darat di Indonesia," kata dia.

Dengan respons yang cukup baik dari pengguna, Caesar mengatakan pihaknya berharap penjualan tiket transportasi darat tahun ini dapat meningkat lebih dari 12 kali lipat dibanding tahun lalu di Traveloka.

“Kami berharap moda transportasi darat yang kami tawarkan di Traveloka, dapat menjadi alternatif pilihan bepergian, yang nyaman dan terjangkau,” tutup Caesar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya