Menpar Optimistis PASDP Mampu Tingkatkan Jumlah Wisatawan

Menteri Pariwisata, Arief Yahya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya merasa optimis dengan rencana pengembangan pariwisata PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero). Terlebih setelah adanya renovasi dermaga yang membuat tampilan dermaga kini tak kalah elok dengan bandara.

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

"Sangat kita dukung, karena orang datang menggunakan feri bisa jutaan dibanding airlines. Satu feri isinya misal 1.000 itu tujuh airline. Singkatnya, ASDP bisa membantu mendukung pariwisata juga untuk meningkatkan jumlah wisatawan," kata Arief saat ditemui di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat 5 Juli 2019.

Rencananya, ASDP akan memanfaatkan kapal yang tengah bersandar usai beroperasi untuk bisa digunakan sebagai kapal wisata yang bisa membawa penumpang berkeliling menikmati keindahan panorama yang terletak di sepanjang pantai yang selama ini mungkin hanya dilewati begitu saja.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

"Kita mengemas bagaimana program itu terintegrasi, bisa dijual, diminati dan utilisasi kapal-kapal yang sementara setelah operasi (normal) menunggu masuk jadwal. Bisa dimanfaatkan untuk wisata sekitar Lampung dan Banten," kata Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP, M.Yusuf Hadi.

Jadi nantinya direncanakan dari total keseluruhan jam operasional kapal, hari saat kapal bersandar dan istirahat akan dimanfaatkan untuk mengitari sekitar Selat Sunda. Bahkan melalui acara yang digelar hari ini, Jumat 5 Juli 2019 dengan menggandeng para generasi millenial untuk membantu dalam mempromosikan destinasi wisata baru yang bisa dikunjungi dengan menggunakan kapal.

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

"Karena itu tepat mengajak millenial agar tahu potensi wisata, agar mem-viralkan, mempromosikan lebih jauh ke khalayak," imbuh Hadi.

Arief menyebut, dengan adanya moda transportasi penyeberangan ini bisa mendorong perekonomian dan ekosistem pariwisata. Apalagi moda tranportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat dan seluruh wisatawan.

“Tidak hanya mendorong konektivitas antarpulau, keberadaan moda transportasi ini juga mampu mendorong pengembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya