Ini Kunci Keberhasilan Majukan Destinasi Wisata

Batu Belimbing, salah satu potensi pariwisata Bangka Selatan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Keberhasilan suatu destinasi pariwisata ditentukan oleh komitmen kepala daerah dalam mengembangkan pariwisata. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan bahwa 50 persen keberhasilan pariwisata dl daerah ditentukan oleh komitmen tersebut. 

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

"Gubemur Bangka Belitung (Babel) dan Bupati Kabupaten Bangka Selatan membukukan komitmennya dalam memajukan sektor pariwisata," kata Menpar dalam Peluncuran Toboali City On Fire Season 4 Tahun 2019, di Kementerian Pariwisata, Rabu, 17 Juli 2019.

Usaha ini, lanjut Menpar, mulai menunjukkan hasil di antaranya dengan ditetapkan Tanjung Kelayang, Belitung sebagai satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas atau Ball Baru oleh Presiden Joko Wldodo.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Kemudian, Kabupaten Bangka Selatan juga kini memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Gunung yang jaraknya hanya 7 kilometer dari Bandara Depati Amir Bangka 

"Di Bandara ini juga dikembangkan sebagal fasilltas MICE (Meeting, ncentive, Convention, and Exhibition) serta lapangan golf," kata dia.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

Selain itu, Menpar juga mengatakan bahwa pariwisata Babel kini memiliki tiga event unggulan yang masuk dalam 100 CoE  2019 yaitu Bangka Cultural Wave Festival (Coming Home Celebration) di Sungamat, Festival Tanjung Kelayang di Belitung, dan TCOF Season 4 yang akan berilangsung di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

"Event  TCOF Season 4 ini sudah dikurasi oleh Tim CoE Kemenpar dan telah memenuhi unsur SC: Creative value, Commercial value, Communication Value, CEO Commitment serta Consistency," kata Menpar. 

Sementara itu, Gubernur Babel H. Erzaldl Rosman berharap ketiga event unggulan ini dapat menjadi sarana promosi yang efektif dalam mendatangkan wlsatawan ke Bangka dan Belitung. Sebagai informasi, penyelenggaraan TCOF Season 4 akan dibuka pada malam hari. 

Hari pertama dimulai dengan parade budaya, Toboan Photo Competition, Pameran foto, Ritual Mat Buang Jung berupa melepaskan perahu ke laut. Hari kedua dilanjutkan dengan Food Vlog Competition, Toboali Expo 2019. 

Sementara untuk hari ketiga menampilkan acara Toboali Food Street Festival, Zomba Party, Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang. Pada hari terakhir akan ada Famtrip, Ngalak Tebk Serujo 2019, Fashion Carnival, dan penampilan artis-artis ibukota. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya