Jalan-jalan ke Medan, Jangan Lupa Mampir ke 5 Wisata Eksotis Ini

Panorama Danau Toba salah satu dari 10 Bali Baru Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, Medan telah menjadi salah satu kota bisnis terpenting di luar pulau Jawa. Tidak hanya identik dengan kenikmatan duriannya, Medan juga menyimpan ragam wisata eksotis yang tidak kalah menarik dengan kota-kota lain di pulau Sumatera.

Sentul City, Destinasi Favorit Jalani Aktivitas Ramadhan dan Libur Lebaran

Karena itu, tak heran jika ibu kota Sumatera Utara ini juga menarik perhatian turis, baik domestik maupun internasional. Penasaran apa saja deretan destinasi wisata di Medan dan Sumatera Utara yang bisa dikunjungi? Mulailah petualangan Anda dengan lima destinasi wisata eksotis berikut ini, seperti dikutip dari siaran pers OYO Hotels, Selasa, 23 Juli 2019.

1. Danau Toba dan Pulau Samosir

Kakek di Samosir Tega Bunuh Adiknya Hanya gegara Tanam Ubi Dekat Pintu Belakang Rumah

Ketika membicarakan objek wisata sekitar kota Medan, aneh rasanya jika tidak membahas soal Danau Toba. Sebagai danau vulkanik terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Danau Toba menawarkan keindahan panorama alam yang luar biasa, sehingga membuatnya menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di bagian tengahnya terdapat sebuah pulau yang disebut Pulau Samosir.

Berkunjung ke Danau Toba tak lengkap rasanya jika belum menjelajah Pulau Samosir. Di sini, kita dapat melihat rumah asli masyarakat Batak Toba dengan banyak jejak kisah masa lampau, kuburan batu, dan desa-desa tradisional. Ke depannya, perjalanan darat dari Medan ke Danau Toba bisa ditempuh melalui jalan tol, sehingga hanya memerlukan waktu 1,5-2 jam saja.

6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Morotai, Termasuk Berenang dengan Hiu Sirip Hitam

2. Air Terjun Sipiso-piso

Sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter, air terjun Sipiso-piso akan menyajikan pemandangan eksotis yang mungkin sulit Anda temui di kota lain. Terletak di tepi utara Danau Toba, di sini Anda dapat melakukan perjalanan menelusuri jalan setapak di punggung bukit untuk dapat melihat keindahan Air Terjun Sipiso-piso lebih dekat. Dalam perjalanan tersebut, Anda dapat melihat pemandangan dengan latar belakang Danau Toba dan Pulau Samosir yang sangat indah.

3. Bukit Gundaling

Gundaling adalah nama sebuah bukit yang berada sekitar 66 kilometer (km) dari kota Medan, tepatnya di daerah Berastagi. Gundaling terletak di 1.575 meter dari permukaan laut.

Pesona dari Bukit Gundaling terletak pada pemandangan yang rupawan dari atas bukit, terutama di saat sunset atau sunrise. Untuk mencapai puncak bukit ini, Anda dapat berjalan kaki, naik kuda, atau naik sado yang merupakan kereta yang ditarik oleh kuda.

4. Tjong A Fie Mansion

Jika bangunan-bangunan tua nan artistik dan suasana perkotaan menjadi tujuan petualangan Anda, maka Anda mungkin akan menikmati Tjong A Fie Mansion, museum yang awalnya merupakan kediaman saudagar kaya raya nan dermawan bernama Tjong A Fie yang hidup di tahun 1900-an. Dengan desain unik yang memadukan gaya China kuno, Melayu, dan Eropa, museum ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Medan, apalagi dengan sejarah kehidupan Tjong A Fie yang menarik dan peranan sosialnya yang cukup besar pada era Hindia Belanda.

Di dalam rumah lawas ini, Anda bisa melihat koleksi perabotan dan foto-foto dari keluarga Tjong A Fie yang masih terjaga dengan baik. Ada juga ruangan khusus yang menjadi tempat untuk menyimpan koleksi buku-bukunya. Tjong A Fie Mansion dibuka untuk umum pada pukul 09.00-17.00 dengan harga tiket masuk Rp35 ribu per orang. Tjong A Fie Mansion terletak di jantung kota Medan, tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.105, Medan Barat, tidak jauh dari Stasiun Medan.


 

5. Istana Maimun

Satu lagi destinasi untuk Anda yang lebih memilih suasana kota, Istana Maimun merupakan peninggalan kesultanan Deli yang dibangun oleh Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Terletak di jantung Kota Medan, pembangunan istana ini dimulai pada 26 Agustus 1888 dan selesai 18 Mei 1891.

Istana Maimun dibangun oleh arsitek dari Italia bernama Theo Van Erp. Ia sengaja merancang bangunan istana ini dengan konsep perpaduan gaya arsitektur tradisional melayu, arsitektur Islam (Timur Tengah), serta Eropa. Tiket masuk ke Istana Maimun juga sangat terjangkau, hanya dengan Rp5.000 Anda bisa menikmati kemegahan dan keindahan tempat yang disebut-sebut sebagai salah satu istana terindah di Indonesia ini. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya