Punya Konsep Keren, 3 Tempat Ngopi Ini Pekerjakan Barista Tunarungu

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pexels/The Lazy Artist Gallery

VIVA – Usaha kedai kopi kini banyak ditemukan di berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Dari sekian banyak yang bermunculan, ada beberapa yang menarik untuk kamu kunjungi. Salah satu alasannya, coffe shop tersebut ramah untuk kelompok disabilitas.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Beberapa lokasi, diketahui juga mempekerjakan barista yang memiliki keterbatasan fisik. Berikut ini rekomendasi tempat ngopi yang ramah untuk kelompok disabilitas:

Kopi Tuli
Kedai kopi yang satu ini didirikan oleh tiga orang tunarungu, yakni Adhika Praakoso, Trierwinsyah, dan Putri Santoso. Usahanya dimulai sejak 12 Mei 2018. Kedai kopi ini dijalankan lantaran mereka kerap mendapat diskriminasi di tempat kerja.

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Kecintaan tiga orang itu kepada kopi, membuat mereka berlatih meracik kopi dan mendirikan usaha di Krukut nomor 70, Cinere, Limo, Depok. Pengunjung bisa  lebih memahami kelompok tunarungu, karena di gelas kopinya ada gambar bahasa isyarat.

Sunyi House of Coffee and Hope  
Kedai kopi ini juga ramah untuk orang dengan disabilitas. Ide mendirikan usaha itu muncul dari seorang bernama Aimas Nizar dan rekannya Mario Gultom. Mereka memiliki ketertarikan untuk memperjuangkan teman-teman difabel.  

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

Sunyi House of Coffee and Hope juga mempekerjakan barista tunarungu. Oleh karena itu, pengunjung harus memesan dengan bahasa isyarat. Jangan khawatir saat ngopi di sana, sebab tempat ini juga menyediakan buku menu untuk memudahkan konsumen.

Kedai kopi ini juga memiliki desain Instagramble, cocok untuk kamu yang suka foto-foto. Bagi yang penasaran, langsung saja menuju ke Jl. RS Fatmawati no.14, Cilandak, Jakarta Selatan. Coffee shop ini buka dari hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Deaf Fingertalk
Untuk kamu yang berada di sekitar kawasan Cinere, Deaf Fingertalk bisa menjadi salah satu rekomendasi kedai kopi ramah disabilitas. Kafe ini didirikan pada 15 Mei 2016, oleh Dissa Syakina Ahdanisa.



Dissa terinspirasi mendirikan tempat
ngopi
setelah dirinya mengikuti kegiatan relawan di Nikaragua, Amerika Latin. Di sana ada beberapa kafe yang juga memberdayakan barista dari kelompok tuli.

Akhirnya, Dissa mendirikan tempat nongkrong yang bisa memberdayakan kelompok disabilitas. Bagi yang penasaran, kunjungi langsung kedai kopi yang berlokasi, di Jl. Cinere Raya No.26-29, Cinere, Kecamatan Limo, Kota Depok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya