Calon Ibu Kota, 5 Tempat di Kalimantan Timur Ini Mirip Pecahan Surga

Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pemerintah kompromi menyerahkan pengelolaan dan penamaan ribuan pulau kecil yang belum bernama kepada asing.
Sumber :
  • tvOne/Muhammad Tahir Sarno

VIVA – Di sela rapat tentang RUU pertanahan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, membocorkan bahwa ibu kota baru RI akan pindah ke Kalimantan Timur. 

Jokowi Perkirakan Pembangunan IKN Nusantara Selesai 15-20 Tahun

Terpilihnya Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara tentu tidak sembarangan. Wilayah ini diketahui telah memenuhi beberapa kriteria, di antaranya lokasinya yang dinilai strategis, bebas bencana, tersedia sumber daya air yang cukup dan bebas pencemaran lingkungan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, di lihat dari potensi wisatanya, Kalimantan Timur juga memiliki sederet tempat wisata yang enggak kalah dibanding kota lainnya di Indonesia, bahkan banyak yang menyebut tempat ini mirip pecahaan surga. Dirangkum dari Instagram, berikut lima tempat wisata indah di Kalimantan Timur. 

Ridwan Kamil: IKN Jadi Kesempatan Bangun Kota Terbaik Dunia

Kepulauan Derawan

Jokowi Berangkat ke Kaltim, Bersiap Kemah di Titik 0 Km IKN

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di sini, banyak terdapat objek wisata bahari yang menawan, salah satunya Taman Bawah laut yang diminati wisatawan mancanegara, terutama para penyelam kelas dunia.

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau indah ini mempunyai dua rasa, asin di bagian dasar dan tawar di bagian permukaan. Di sebut 'cermin' karena airnya sangat bening dan mengkilap layaknya cermin.

Batu dinding

Objek wisata satu ini berada di KM 45, Jalan Poros arah Balikpapan - Samarinda, atau tepatnya berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Batu Dinding merupakan gugusan batu kapur yang mengitari Sungai Mahakam Ulu. Memiliki panjang 800 meter dengan ketinggian 100-200 meter, membuat tempat ini menjadi spot indah untuk menyaksikan matahari terbenam.

Air Terjun Jantur Inar

Air terjun ini terletak di Kampung Temula, Kecamatan Nyuatan, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Jantur Inar memiliki ketinggian 30 meter. Jika beruntung, kamu bisa melihat pelangi yang keluar dari sela-sela air terjun. Tidak jauh dari air terjun ini, kamu bisa menemukan beberapa air terjun lain, seperti Jantur Lagai, Enjam, dan Mukuuq.

Pulau Maratua

Pulau Maratua menjadi pulau terluar Indonesia yang berada di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Malaysia. Pulau Maratua merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki keelokan alam dan bawah laut yang luar biasa. Bahkan, para penyelam mengakui Maratua sebagai surga dan pulau ini disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya