Ramai Dianggap Lokasi KKN Desa Penari, Ini Pantangan Jika ke Rowo Bayu

Rowo Bayu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Rowo Bayu mendadak jadi sorotan setelah cerita horor KKN di Desa Penari viral. Meski sang penulis, SimpleMan, sudah merahasiakan lokasi cerita yang diklaim berdasarkan kisah nyata itu, banyak orang menduga-duga jika Rowo Bayu di Banyuwangi adalah yang dimaksud.

5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Geser Warkop DKI Reborn

SimpleMan juga sudah membantah spekulasi yang beredar itu. Pria berlogat Jawa kental tersebut menegaskan bahwa Rowo Bayu tak ada hubungannya dengan kisah KKN di Desa Penari. 

Rowo Bayu sendiri menyedot cukup banyak wisatawan yang penasaran dengan kebenaran hal tersebut. Laporan tvOne menyebut, ada sejumlah wisatawan lokal yang datang untuk membuktikan kemiripan lokasi dengan cerita.

Transformasi Aulia Sarah jadi Badarawuhi: 3 Jam Makeup dan Rahasia di Baliknya

Rowo Bayu merupakan sebuah destinasi wisata alam dan religi yang terletak di Kentangan, Bayu, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 40 km dari pusat kota Banyuwangi dengan berkendara.

Baca Juga: Warga Tak Suka Rowo Bayu di Banyuwangi Diduga Lokasi KKN Desa Penari

Totalitas Perankan Badarawuhi, Aulia Sarah PDKT Sama Ratusan Ular

Berada di kaki Gunung Raung, Rowo Bayu menawarkan pemandangan alam yang masih alami, hutan, telaga yang berpadu dengan peninggalan sejarah yang menyelimutinya. Rowo Bayu memang saksi bisu sejarah Kerajaan Blambangan. 

Ada lima mata air dan sebuah petilasaan pertapaan berbentuk candi di sana. Konon, petilasan tersebut merupakan spot favorit Prabu Tawang Alun saat memerintah kerajaan tersebut. 

Saji, Juru Kunci Petilasan Pabu Tawang Alun, menjelaskan etika berkunjung ke Rowo Bayu sama seperti ke tempat bersejarah lainnya.

"Yang penting kita masuk tujuannya baik, tujuannya benar, tujuannya suci. tapi kalau ada tujuan lain-lain, seperti yang dilarang pemerintah, larangan agama, itu memang dilarang," katanya kepada tvOne.

Dalam cerita KKN di Desa Penari, tokohnya memang disebut melanggar etika sebagai tamu di desa tersebut. Yang fatal, mereka sampai melakukan hubungan intim di tempat terlarang dan mengambil sesuatu yang tidak diizinkan.

Jadi lokasi bersejarah bagi Banyuwangi, kabar pengaitan desa ini dengan Desa Penari dalam cerita membuat warga keberatan. Mereka mengatakan, Rowo Bayu bukan lokasi yang dimaksud dalam cerita KKN di Desa Penari itu. Simak liputan soal Rowo Bayu dari tvOne berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya