3 Tips Liburan dengan Open Trip Biar Tambah Seru

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Liburan kini sudah menjadi kebutuhan bagi para milenial untuk melepas penat. Tren liburan yang semakin meningkat ini pun membuka peluang banyaknya paket-paket liburan menarik yang murah. Salah satunya adalah open trip.

Viral Luna Maya Pakai Sunblock Ketebalan, Netizen: Make Up Suzana Belum Diapus?

Open trip pada dasarnya merupakan paket wisata bersama dengan wisatawan lain dengan titik-titik kunjungan yang telah ditentukan oleh operator tur. Bedanya dengan bepergian melalui travel agent adalah open trip biasanya hadir dengan harga relatif terjangkau dan destinasi wisata yang lebih unik serta beragam.

Baca juga: Akhir Tahun, Orang Indonesia Diprediksi Ramai Plesir ke Luar Negeri

Liburan Seru di Jakarta: Belajar Sejarah Jalur Rempah dan Foto Cantik di Replika Candi Borobudur

Open trip ke luar negeri juga menjadi salah satu fenomena baru di kalangan milenial. Eksplorasi negara-negara baru dengan potensi mendapat teman baru di perjalanan, serta banyaknya operator open trip yang menawarkan jasa via media sosial menjadikan open trip semakin populer satu-dua tahun ini.

Karena open trip mengharuskan kamu bepergian dengan wisatawan baru yang sama sekali belum dikenal, biasanya akan muncul kecanggungan saat perjalanan. Supaya hal itu tidak mengganggu keseruan liburan, berikut tiga tips penting agar open trip kamu menyenangkan seperti dikutip dari siaran pers JavaMifi.

Cerita Melanie Putria Gemar Traveling Secara Spontan

1. Jangan Pasif

Esensi dari open trip adalah kebersamaan dengan orang yang baru dikenal. Oleh karena itu, jangan pasif selama di perjalanan. Berbagi camilan di perjalanan dapat menjadi awal yang baik untuk membuka pembicaraan. Selain itu, bantu temanmu mengambil foto terbaik mereka untuk dibagikan di media sosial, tentunya dengan bertukar media sosial sebelumnya hingga kalian bisa saling tag, bangga kan kalau di caption foto keren itu tertulis this photo taken by nama kamu.

2. Kontrol pengeluaran

Open trip biasanya menawarkan paket yang sudah all-in sehingga bawa uang secukupnya
saja untuk kebutuhan kamu selama di perjalanan. Biasanya, wisatawasan gelap mata dengan segala oleh-oleh dan pernak-pernik lucu dengan konsep 'mumpung disini' atau 'kapan lagi' yang justru membuat pengeluaran membengkak. Alokasikan berapa bujet yang ingin dihabiskan untuk mengerem keingingan dan tukar uang di Tanah Air untuk rate yang lebih baik. Ada baiknya cari juga informasi seberapa mudah menemukan ATM atau menggunakan kartu di destinasi tujuan. Jadi, kamu bisa mengira-ngira berapa banyak uang tunai yang harus dibawa.

3. Berbagi Wi-Fi

Koneksi internet menjadi salah satu bagian terpenting saat bepergian, baik untuk
mengeksplorasi spot menarik di destinasi tujuan, mengunggah foto ke media sosial hingga tetap terkoneksi dengan keluarga di rumah. Seringkali internet justru menjadi salah satu biaya tertinggi di perjalanan. Salah satu cara untuk menghemat adalah dengan berbagi wi-fi. Sebelum hari kepergian, biasanya operator tur akan membuat grup chat yang berisi para anggota yang akan bepergian bersama, manfaatkan momen tersebut untuk janjian menggunakan wi-fi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya