Pacu Adrenalin Mendaki Bukit Kelam Setinggi 1.000 Kaki di Kalbar

Mendaki di wisata Bukit Kelam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ngadri (Kalimantan Barat)

VIVA – Wisata Bukit Kelam adalah destinasi unik yang ada di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Menariknya, Bukit Kelam merupakan batu monolit yang berdiri tegak menjulang dengan ketinggian sekitar 1.000 kaki.

Wanita Muda Diduga Dibunuh Mantan Suami Saat Cekcok

Jarak wisata Bukit Kelam dengan Kota Sintang sekitar 23 kilometer, dan bisa ditempuh sekitar 20 hingga 40 menit. Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang memesona dan asri.

Untuk menuju ke tempat wisata Bukit Kelam, akses jalan sangat baik. Tapi tetap harus hati-hati, karena kondisi jalan naik turun. Saat ini, tempat wisata ini masih ditutup untuk wisatawan dan para pendaki karena sedang ada kegiatan pengembangan sarana prasarana oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar.

Warga Nekat Lompat dari Lantai 2, Selamatkan Diri dari Si Jago Merah

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Sadtata Noor Adirahmanta mengatakan, sejak bulan September BKSDA sedang melakukan kegiatan pengembangan sarana prasarana serta fasilitas pendakian.

"Saat ini kami sedang melakukan penggantian tangga yang lama dengan menggunakan tangga besi dan pondok pendaki. Karena, tangga besi yang lama sudah tidak layak dan dikhawatirkan bisa membahayakan untuk para pendaki," kata kepala BKSDA Kalimantan Barat Sadtata Noor Adirahmanta kepada VIVA.

Pengedar Narkoba Tertangkap Bawa Senpi Rakitan dan Amunisi

Selain dibangun tangga besi, untuk menunjang keamanan, kebersihan, dan keselamatan. beberapa fasilitas lain juga turut dibangun dan dilengkapi. Seperti Pos Pendaftaran Pendakian Spider Net, Selfie Deck dan Pos Istirahat di jalur Via Ferrata.

"Setelah proses pembangunan sarana dan prasarana selesai, nantinya BKSDA akan memberdayakan masyarakat sekitar untuk menjadi pemandu pendakian Bukit Kelam. Dan saat ini sudah ada 8 warga yang mengikuti pelatihan tersebut," kata Sadtata.

Sadtata menambahkan, dari data BKSDA Kalbar, di lokasi wisata Bukit Kelam terdapat 15 satwa. Di antaranya, kera ekor panjang, berok, dan beberapa jenis binatang lainnya.

Tujuan BKSDA melakukan pengembangan sarana prasarana Bukit Kelam adalah supaya tempat wisata terawat dan dijaga oleh masyarakat sekitar. Selain itu, agar perekonomian warga setempat terangkat dan meningkat.

Setelah nanti wisata Bukit Kelam diluncurkan, masyarakat sekitar bisa berdagang, menjadi pemandu dan diberdayakan sebagai penjaga tempat wisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya