Ke Pontianak, Jangan Lupa Mampir ke Taman Alun-alun Kapuas

Alun-alun Kapuas, Pontianak.
Sumber :
  • VIVA/Ngadri (Kalimantan Barat)

VIVA Taman Alun-alun Kapuas Pontianak menjadi satu di antara taman terfavorit yang ada di Bumi Khatulistiwa. Terletak di Jalan Rahadi Oesman, Taman Alun-alun Kapuas dilengkapi sejumlah fasilitas, di antaranya tempat parkir yang luas, taman yang indah, pohon rindang, taman bacaan, wisata kapal Bandung, tempat bermain anak-anak dan air mancur berjoget.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Tempat ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Pontianak dan sekitar 30 menit dari Bandara Supadio Pontianak.

Salah satu pengunjung, Hengky menuturkan kalau ia takjub dan kagum dengan keindahan Alun-alun Kapuas yang ditumbuhi pepohonan yang rindang dan taman yang indah.

Sidang Putusan Sengketa Pilprres di MK, Pedagang Tikar hingga Topi Rimba Raup Cuan

"Taman Alun-alun Kapuas Pontianak ini penataannya bagus, letaknya juga tepat di tepian sungai Kapuas dan di tengah kota, sehingga memudahkan warga untuk mengunjungi nya," kata Hengky kepada VIVA saat ditemui baru-baru ini.

Hengky mengatakan, Pontianak memang ada beberapa taman yang dibangun oleh pemerintah, tapi taman yang sering ia kunjungi cuma Taman Alun-alun Kapuas Pontianak, karena menurutnya tempatnya bersih dan udaranya sangat segar.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

"Saya paling sering ke Taman Alun-alun Kapuas Pontianak ini, baik untuk berolahraga jogging atau jalan bersama keluarga. Karena menurut saya Taman Alun-alun Kapuas tempatnya enak dan ramai pengunjung," ujar Hengky.

Di malam hari, biasanya juga ada sejumlah kuliner yang dijual warga menggunakan kapal kecil, mulai dari jagung bakar, sosis bakar, ayam bakar dan sejumlah minuman.

Alun-alun Kapuas, Pontianak (VIVA/Ngadri)

"Sejumlah kuliner yang dijual warga harganya juga terjangkau. Uniknya lagi, para pedagang panganan menggunakan kapal terapung. Apabila batas waktu warga berkunjung ke Taman Alun-alun Kapuas Pontianak telah selesai, maka para pedagang tersebut pulang menggunakan kapal terapung tersebut," ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh pengunjung lainnya, Fitri. Ia mengaku sering berkunjung ke Taman Alun-alun Kapuas Pontianak. Fitri juga mengatakan kalau ini adalah taman favoritnya dan hampir setiap minggu sekali mengunjunginya.

"Biasanya kalau ke Taman Alun-alun Kapuas Pontianak, saya bersama teman-teman dan pacar. Perginya sore hari, setelah itu naik kapal wisata kapal Bandung menikmati suasana pinggiran sungai Kapuas," ucap Fitri.

Dalam perjalanan menggunakan kapal Bandung dari Taman Alun-alun Kapuas ke jembatan tol satu, pengunjung akan disuguhi panorama tepian sungai Kapuas yang indah, melalui Kerathon Kadriah Pontianak dan wisata Waterfront City.

"Untuk menggunakan wisata kapal Bandung ini, kami hanya bayar Rp15 ribu untuk orang dewasa dan untuk anak-anak sekitar Rp10 ribu. Di dalam kapal juga tersedia sejumlah makanan dan minuman," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya