Mampir Yuk ke Buntul Rintis, Tempat Wisata yang Instagramable di Aceh

Wisata alam buntul rintis Aceh
Sumber :
  • Viva.co.id/Dani Randy

VIVA – Obyek wisata Buntul Rintis di Aceh Tengah bisa jadi pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi Tanah Gayo. Konsep yang ditawarkan objek wisata ini, berupa pemandangan dan spot berswafoto yang Instagramable.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Tak heran jika dua tahun terakhir, daerah penghasil kopi gayo ini gencar membangun wisata di area pegununguan. Dengan memanfaatkan pemandangan alam yang cukup indah, dengan view Danau Lut Tawar dan barisan perbukitan hijau yang ditanami pohon kopi.

Wisata Buntul Rintis di desain dari pinggir pegunungan. Pengunjung juga bisa memanfaatkan beberapa lokasi spot berswafoto dengan berbagai macam bentuk bangunan miniatur, yang telah disediakan pemiliknya, agar menjadi daya tarik pengunjung.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Seperti menaiki sepeda ontel yang berjalan di atas tali, desain gambar kupu-kupu yang cantik, pintu rumah, kincir angin, sangkar burung dan beberapa batu besar yang telah dilukis dengan gambar lucu kartun doraemon. Kemudian taman bermain untuk anak bawah umur, juga tersedia.

Di tengah deretan spot berswafoto itu, pemilik membangun pondok dengan desain seperti gubuk petani. Pondok itu menawarkan aneka makanan dan minuman ringan. Tentunya, pengunjung juga bisa memesan kopi gayo untuk menghangatkan badan, karena hawa dingin di lokasi ini cukup terasa.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Saat VIVA berkunjung, sebagian pengunjung datang membawa anak, sebagian lagi hanya pasangan muda dan kalangan milenial yang menghabiskan sisi romantis pengunungan itu.

Lokasinya persis di pinggir jalan menuju objek wisata Pantan Terong, yang berada diketinggian mencapai 1.730 meter di atas permukaan laut (mdpl). Udara sejuk akan menemani anda selama perjalanan menuju objek wisata ini.

Seorang pengembang obyek wisata Buntul Rintis, Khairu Ramadhan mengatakan, objek wisata ini mulai dibuka di pengujung tahun 2017 lalu. Kemudian, mulai ramai dikunjungi sejak 2018. Tentunya, Buntul Rintis akan disinggahi pengunjung setelah mereka dari Pantan Terong.

“Dibukanya tempat wisata ini juga karena ikut termotivasi oleh teman-teman yang sudah terlebih dahulu membuka tempat wisata, ini juga bagian untuk meningkatkan daya promosi wisata ke Tanah Gayo,“ kata Khairu beberapa waktu lalu kepada VIVA.

Obyek wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08:00 – 19:00 WIB. Untuk menikmati setiap spot foto tidak dikenakan biaya seprsenpun. Hanya saja, untuk bisa naik sepeda ontel yang berjalan di atas tali, pengunjung dibebankan biaya Rp 10 ribu. Sebab, pengunjung terlebih dahulu dibekali pengamanan yang ekstra ketat.

Sementara tarif masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung hanya cukup membayar Rp5.000 per orang. Objek wisata ini terletak di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Atau 30 menit dari pusat Kota Aceh Tengah, Takengon.

Ketika hendak berkunjung, wisatawan tak perlu khawatir karena jalan yang menjadi akses menuju ke tempat wisata ini sudah sangat baik dan mulus. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati karena jalan yang menanjak serta dipenuhi dengan tikungan tajam.

Selain itu, yang perlu diperhatikan, jangan lupa membawa pakaian tebal atau jaket, karena dinginnya udara yang bisa menusuk hingga ke tulang. Yang pastinya tempat ini sangat cocok untuk menemukan ketenangan dan menyegarkan pikiran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya