Jelang Liburan Akhir Tahun, Ketahui Cara Packing yang Benar

Ilustrasi mudik membawa koper
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri

VIVA – Melakukan perjalanan wisata ke berbagai destinasi merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Untuk itu, perlu berbagai persiapan yang matang seperti tiket penerbangan, lokasi menginap dan lainnya. Namun, yang tidak kalah penting adalah berkemas.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Berkemas menjadi sebuah permasalahan baru bagi seseorang sebelum melakukan perjalanan. Tidak sedikit dari traveler sering memasukkan semua jenis perlengkapan, yang pada ujungnya hanya memakai sepertiga dari barang yang telah dikemasnya.

Baca juga: Tak Cuma Fokus Liburan, Milenial Juga Masih Bermimpi Beli Rumah

Tips Liburan Keluarga Ala Tasya Kamila, Perhatian Lebih untuk Si Kecil

Nah, buat kamu yang bersiap buat liburan akhir tahun, apa sebenarnya yang harus dibawa dan  tidak? Elika Gibbs, pendiri layanan organisasi pribadi Practical Princess dari practicalprincess.com memberikan rekomendasi untuk membuat daftar demi mengatur barang bawaan.

"Buatlah semua daftar barang bawaan kamu dan letakkan di lantai atau tempat tidur. Lihat dan putuskan barang apa saja yang Anda butuhkan," ungkap dia seperti yang dilansir dari laman Express.

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

Dia mengingatkan, jika kamu pergi selama seminggu, tidak perlu membawa 10 bikini.

“Bersikaplah disiplin pada diri sendiri dan realistis tentang apa yang sebenarnya akan kamu kenakan,” tambah Elika.

Lebih lanjut, dia menyarankan untuk kembali mengingat-ingat waktu liburan sebelumnya. Bawa sepasang sepatu yang nyaman, pakaian favorit kamu, dan jangan terpengaruh dengan apapun yang tidak kamu yakini. Jangan lupa, kamu bisa mengenakan beberapa hal lebih dari satu kali.

"Jadilah kreatif dan padu padankan beberapa barang bawaan liburan kamu, pastikan barang-barang dapat disatukan dengan cara yang berbeda," saran Elika.

Selain itu, menurut dia, penting bagi para calon traveler untuk mempertimbangkan cuaca dan kegiatan apa yang akan dilakukan. Jika kamu ingin mengunjungi pegunungan, maka kamu perlu membwa sepatu boots. Namun, boots itu tidak perlu kamu bawa ketika kamu pergi ke pantai.

Hal yang sama berlaku saat mengepak untuk anak-anak. Jika mereka akan menghabiskan sebagian besar liburan di tepi kolam renang, maka mereka tidak perlu banyak berganti pakaian. Untuk menghindari penumpukan bawaan dalam koper, dia pun memberikan beberapa tips dalam menyimpan barang bawaan.

"Saya meletakkan gaun dan jaket tepat di bagian bawah koper, semakin sedikit jumlah lipatan maka akan lebih baik. Anda cukup meletakkan pakaian rata dan lipat lengannya ke dalam," kata dia.

Taruh barang yang lebih berat di bagian bawah ke arah roda. Kiat untuk menyimpan barang-barang lain yang bebas dari lipatan adalah menggulungnya bukan melipatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya