8 Destinasi Liburan Akhir Tahun Paling Nge-hits di Media Sosial

Candi Borobudur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menjelang akhir tahun, biasanya banyak yang sudah merencanakan liburan. Di saat seperti ini, mereka tentunya akan sibuk memilih destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Dari sejumlah destinasi wisata di Indonesia, perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan terkait pariwisata dan liburan akhir tahun. Terdapat sebanyak 139,438 buzz di media sosial dalam satu bulan terakhir, terhitung dari 1 Oktober hingga 8 November 2019, yang membicarakan topik pariwisata dan liburan.

“Berdasarkan volume perbincangan ini, kami melihat bahwa masyarakat sangat antusias membicarakan liburan dan tempat destinasi yang ingin dituju menjelang libur akhir tahun yang datang sebentar lagi,” jelas Insights Manager dari Isentia Indonesia Rendy Ezra dalam siaran pers yang diterima VIVA, Selasa, 12 November 2019.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Untuk liburan akhir tahun, Isentia menemukan Yogyakarta sebagai kota yang paling banyak diperbincangkan, yaitu sebanyak 40.988 buzz. Diikuti dengan Bali 37.797 buzz, Jawa Timur dengan 20.146 buzz, Jawa Tengah 16.143 buzz, Sumatera Utara 6.558 buzz, Sulawesi Tenggara 4.661 buzz, Sulawesi Selatan 3.996 buzz, serta Papua Barat dengan 9.149 buzz perbincangan medsos.

Selain itu, ada pula tiga destinasi paling hits diperbincangkan, yaitu Raja Ampat sebanyak 6.172 buzz, serta Lombok dan Candi Borobudur, masing-masing sebesar 4.387 buzz dan 1.647 buzz.

Liburan Tanpa Beban, Ini Tips Mengemas Barang dengan Efisien

Berkaitan dengan liburan, warganet juga membicarakan transportasi yang hendak dipakai saat berlibur. Mobil menjadi transportasi yang paling banyak diperbincangkan dalam 334.295 buzz. Transportasi ini dianggap praktis untuk dipakai bepergian dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus sibuk mengurusi transportasi tambahan.

Kemudian, pesawat menjadi transportasi berikutnya yang paling banyak diperbincangkan warganet, yakni sebanyak 27.412 buzz. Warganet berpendapat bahwa bepergian dengan pesawat paling mudah dan paling cepat untuk sampai. Namun, kekurangannya adalah harga yang sangat melonjak tinggi jika tidak dibeli sejak jauh hari.

Transportasi liburan yang juga menjadi pilihan warganet adalah bus, sebanyak 17.716 buzz. Bus dianggap sebagai transportasi yang harga tiketnya jauh lebih murah, meski tergolong sulit untuk membawa banyak barang.

Di samping itu, di era digital ini, berwisata tentunya tidak lepas dari bantuan gadget dan aplikasi travel. Traveloka menjadi aplikasi yang paling diperbincangkan,sebanyak 133.694 buzz. Disusul Tiket.com 290 buzz, TripAdvisor 217 buzz, serta Pegi-Pegi dengan 116 buzz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya