5 Rekomendasi Soto Enak di Jakarta Cocok untuk Makan Siang

soto mi
Sumber :
  • VIVAnews/Mutia Nugraheni

VIVA – Soto bisa dibilang makanan paling beragam yang ada di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan ciri khasnya masing-masing. Maka tidak heran jika pemerintah Indonesia menetapkan dan mempromosikan soto sebagai salah satu makanan nasional Indonesia.

Deretan Ide Masakan untuk Merayakan Hari Lebaran

Nah, bagi kamu yang tinggal di Jakarta, ada beberapa soto enak yang tentunya harus kamu cicipi. Soto ini tentu saja juga sangat beragam. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengunjungi daerah aslinya untuk mencicipinya. Berikut ini beberapa rangkumannya.

Soto Betawi H Ma'ruf

Resep Soto Ayam Kuah Kuning, Hidangan Hangat dan Lezat untuk Buka Puasa

Salah satu soto legendaris yang ada di Jakarta ialah Soto Betawi H Ma'ruf. Soto yang satu ini terkenal dengan kuahnya yang gurih serta paduan santan dan jeroan. Satu cirikhas yang membuat soto ini otentik ialah mereka tidak menggunakan MSG. Soto Ma'ruf awalnya menetap di Taman Ismail Marzuki. Namun setelah pemugaran TIM, soto ini bisa kamu temui di Jl. Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Soto Ayam Apjay

Viral Penjual Soto Pakai Apple Vision Pro untuk Catat Pesanannya, Warganet Melongo: Versi 4.0

Bagi yang mengaku anak Jakarta Selatan tentu sudah tidak asing lagi dengan Soto Ayam Apjay. Soto ini berada di kawasan Pangilama Polim Jakarta Selatan. Nama Apjay sendiri diambil dari nama Apotik Jaya  tempat soto ini biasa mangkal. Untuk rasa, Soto Apjay terkenal dengan kuah yang segar. Selain itu harga satu porsi ini juga relatif murah, yakni hanya Rp.20 ribu.

Warung Soto Ceker dan Ranjau Pak Gendut

Warung soto yang satu ini mesti menjadi salah satu destinasi wajib para pecinta ceker. Di tempat ini kamu bisa menemukan soto dengan ceker yang gurih dan rasa yang meresap. Bagi kamu yang tidak terlalu suka ceker, jangan khawatir. Soto yang berada di  Jalan Haji Agus Salim No. 34, Kebon Sirih, Jakarta Pusat juga menyediakan soto soto ranjau, soto ayam, soto Madura, soto babat, dan soto kikil.

Soto Padang Bunda

Seperti disebut di awal, tiap daerah memiliki sotonya masing-masing. Termasuk juga Padang. Di Jakarta ternyata juga ada Soto Padang yang mempunyai citarasa otentik. Jika kamu bingung mencarinya, salah satu destinasi yang wajib kunjungi ialah Soto Padang Bunda. Soto Padang ini berada di daerah Bendungan Hilir. Dengan kuah rempah yang khas berpadu daging yang garing membuat soto ini banyak dicari.

Soto Mie Bogor

Bagi kamu pecinta Soto Mie Khas Bogor Soto Mie Theresia adalah kedai yang wajib kamu coba. Rasanya yang pedas dan segar membuat makan siang makin lahap. Seperti namanya, Soto Mie yang satu ini berada di Gereja Theresia di kawasan Gondangdia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya