Tanpa Uang Tunai dengan Singapore Tourist Pass dan Ez-link Card

Tourist Pass
Sumber :

VIVA – Saat traveling, Anda perlu mengatur dan menghemat budget keuangan. Salah satu triknya, Anda bisa menghemat di biaya transportasi selama traveling. Anda akan mengeluarkan banyak biaya jika berpindah dari satu tempat ke tempat lain menggunakan taxi atau rental mobil.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan transportasi umum. Transportasi umum Singapura pun sudah terbilang nyaman dan aman.

Perbedaan Singapore Tourist Pass dan Kartu Ez-link

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Singapore Tourist Pass (STP) adalah kartu yang bisa digunakan sepanjang hari (tanpa batas) untuk membayar  ongkos trasnportasi umum di Singapura seperti MRT, LRT dan bus umum. Tidak termasuk Express Services, Fast  orward, Night Owl, NightRider, Chinatown Direct, servis bus premium dan yang lainnya.

Sedangkan, Kartu EZ-Link adalah kartu yang dipakai untuk “semua” transportasi umum di Singapura. Mulai dari MRT, LRT, Bus, Sentosa Express dan layanan transportasi umum lainnya. Kartu Ez-link bisa di top-up dan saldonya akan berkurang otomatis saat Anda men-tap kartu saat naik transportasi umum. Kartu Ez-link juga bisa dipakai untuk pembayaran (menggantikan uang) di beberapa gerai seperti seven eleven, dan lain- lain. Semacam e-money di Indonesia.

Menko Airlangga Undang Pengusaha Singapura Kembangkan Bisnis di RI Lewat ISBF 2024

Jika Kartu Ez-Link harus di top up dan memiliki saldo, Singapore Tourist Pass tidak perlu di top-up karena bisa digunakan tanpa batas (sesuai jangka waktu pilihan Anda). Makanya, STP di rekomendasikan untuk para traveler karena memang sangat memudahkan.

Harga

Singapore Tourist Pass memiliki 3 pilihan durasi masa pakai, yaitu:
? 1 Day Pass (SGD 10);
? 2 Day Pass (SGD 16);
? 3 Day Pass (SGD 20).

Saat membeli kartu ini juga ada tambahan deposit sebesar $10 (bisa dikembalikan jika Anda mengembalikan kartu).

Harga tersebut berlaku untuk dewasa dan anak yang tingginya di atas 90 cm. Pemakaian pass untuk satu hari dihitung dari hari pertama Anda “men-tap” kartu hingga pukul 11:59 siang hari. Penggunaan kartu 2 hari atau 3 hari harus dilakukan secara berturut-turut. Untuk informasi pembelian, Anda bisa melihat di situs www.thesingaporetouristpass.com.sg .

Sedangkan, Kartu ez-link bisa didapatkan seharga $12, termasuk biaya kartu seharga $5 dan isi kartunya nya sebesar $7.

Dapatkan spot-spot wisata di Singapura lengkap dengan petunjuk moda transportasi umum di mana pelancong bisa memanfaatkan Tourist Pass dan Ez untuk bertransaksi di sini.

Lokasi

Untuk pembelian Singapore Tourist Pass Anda bisa cek lokasinya di www.thesingaporetouristpass.com.sg/where-to-buy. Anda juga dapat me-refund tiket di TransitLink Ticket Offices yang terletak di Bandara Changi, Kranji, Lavender, Dhoby Ghaut dan stasiun MRT Marina South Pier. Kartu pass ini tidak dapat dikembalikan di
Singapore Tourist Pass Kiosk. Untuk mengetahui daftar lokasi terbaru, silakan kunjungi www.transitlink.com.sg

Jika memiliki kesulitan, Anda dapat menghubungi hotline EZ-Link di 6496 8300. Jam operasional pada 08.00-18.00 setiap hari, kecuali hari libur publik. Atau Anda dapat mengirim email ke customerservice@ezlink.com.sg

Sekarang, dengan harga ramah-kantong, Anda tidak perlu khawatir akan dana transportasi saat Anda di Singapura.

Ingin tahu berita terbaru tentang Singapura? Pastikan kamu tidak pernah ketinggalan membaca majalah digital SGB! Kamu hanya perlu klik di sini.

Dan bagi yang ingin ke Singapura dalam waktu dekat, unduh daftar itinerary perjalanan selama berada di sana dengan pilihan waktu mulai dari 1 hingga 5 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya