Plesiran ke Daerah Jawa Timur, Ini Daftar Tempat Kece di Banyuwangi

Pemulihan Ekosistem Kawah Ijen
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Alam Banyuwangi memang terkenal menakjubkan. Enggak heran, banyak orang yang bermimpi bisa plesiran ke salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur ini. Salah satu yang paling populer adalah Kawah Ijen, yang selalu jadi destinasi wajib para pelancong yang berlibur ke sini.

BPOB Bakal Jadikan Jawa Timur Destinasi Wisata Setara Bali

Eits, tapi di Banyuwangi enggak cuma Kawah Ijen saja lho yang kece. Masih ada beberapa destinasi wisata lain yang enggak kalan keren dari Kawah Ijen yang tersohor itu. Nah, kalau kamu cuma punya waktu 3 hari 2 malam, enggak usah khawatir. VIVA sudah merangkumkan empat tempat wisata apa saja yang bisa kamu datangi. Yuk, cek!

Jawatan Benculuk

Pakai Kimono, Khofifah Promosikan Taman Wisata Genilangit
24 Januari- 24 Februari 2020, Bromo Steril dari Kendaraan Bermotor

Sampai di Banyuwangi International Airport, kamu bisa menikmati pemandangan di Jawatan Benculuk yang berada di Desa Cluring. Berada di sini, kamu akan teringat akan spot hutan di film Lord of The Rings atau The Hobbit. Tinggal pintar-pintarnya kamu mengambil angle foto, spot ini kece banget buat konten traveling di sosmed kamu.

Jalan-jalan di sekitaran kawasan Jawatan Benculuk juga enggak ada salahnya lho. Sambil menikmati pemandangan di kanan kiri, hitung-hitung bisa sekalian olahraga menyehatkan badan. Sebagai pelengkap olahraga, kamu bisa pakai Garmin Fenix 6 Series, untuk melengkapi aktivitas outdoor kamu melalui berbagai fitur latihan, color mapping, streaming musik, dan masih banyak lagi.

G-Land atau Pantai Plengkung

Setelah puas menikmati suasana hutan, sore harinya kamu bisa bermain air di pantai ini. G-Land atau Pantai Plengkung ini sudah mendapat julukan khusus oleh peselancar dunia, yaitu The Seven Giant Waves Wonder  yang berarti memiliki tujuh gulungan ombak. Bagi pecinta surfing, pantai ini menjadi surga untuk berselancar. 

Kalau kamu cuma ingin bersantai di pinggir pantai juga bisa. Kamu bisa menikmati semilir angin di bibir pantai sambil mendengarkan musik favorit. Kalau ingin melakukan aktivitas ini, jangan lupa bawa speaker JBL kamu. 

Kawah Ijen

Nah, ini dia destinasi wisata yang enggak boleh kamu lewatin kalau bertandang ke Banyuwangi, menikmati sunrise di Kawah Ijen. Setelah nyenyak beristirahat di hotel, bangunlah lebih pagi untuk menikmati sunrise dan fenomena alam blue fire atau api biru yang sangat terkenal banget di tempat ini. 

Namun, untuk bisa mencapai tempat ini, kamu diwajibkan mendaki terlebih dahulu dan medannya enggak bisa diremehkan. Enggak mungkin juga kalau kamu bawa-bawa kamera besar, yang ada akan merepotkan atau khawatir jatuh. Sebagai alternatif, kamu bisa membawa kamera GoPro HERO8 Black, yang memungkinkan kamu memotret di tempat gelap. 

Main drone di Waduk Bajulmati

Ingin ke Raja Ampat tapi budget terbatas? Waduk Bajulmati bisa jadi alternatif tempat wisata yang cantik dan murah. Waduk ini terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur. Waduk yang baru dibuka pada Juli 2016 ini, memiliki panorama keindahan yang mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua, karena ada gundukan-gundukan menyerupai pulau-pulau kecil di area waduk.

Menerbangkan drone di sini tentu akan sangat menyenangkan. Kamu bisa mendapat ‘Raja Ampat view‘ dengan budget yang lebih murah. Kalau kamu masih pemula untuk menerbangkan drone, kamu bisa pakai DJI Mavic Mini, yang cocok buat content creator atau pilot drone pemula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya