Logo timesindonesia

Wisata Instagrammable di Gresik Jadi Pilihan Liburan Nataru

Wisata Mangrove Muara Bengawan Solo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Wisata Mangrove Muara Bengawan Solo. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Bagi anda pecinta swafoto tak ada salahnya mencoba berwisata di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Ada empat tempat wisata dikelola pemerintah desa yang instagrammable bisa menjadi tempat alternatif liburan panjang natal dan tahun baru.

Kali ini, TIMES Indonesia akan mengulas tempat wisata yang hits. Uniknya, empat wisata ini dikelola oleh pemerintah desa setempat.

1. Wisata Setigi (Selo Tirto Giri)

Wisata-Gresik.jpgWisata Setigi Gresik (Foto: Istimewa)

Wisata Setigi berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah. Wisata yang tergolong baru itu memiliki puluhan spot foto seperti patung Nogo Giri Pancoran, candi Topeng Nusantara, patung Semar, serta hunian mirip Honai, rumah adat Papua.

Nama Setigi sendiri merupakan singkatan dari Selo berarti Batu, Tirto berarti Air dan Giri merupakan Bukit. Tiga elemen itu memang menjadi daya tarik di wisata tersebut. Lahan-lahan eks tambang kapur itu menciptakan pesona indah, dinding pahatan batu kapur secara alami menciptakan dinding-dinding bermotif menarik dan unik. Selain motif pahatan dinding yang tercipta dari hasil tambang, wisata tersebut juga dilengkapi arena untuk swafoto yang kekinian. 

Di area inti kawasan tersebut di buat danau, air terjun, kolam renang serta disertai jembatan peradaban. Sedangkan bangunan yang asli yakni berupa bukit tambang kapur yang menjulang tinggi serta gua. Semua konsep pembangunan kawasan wisata Setigi yang menyatukan tema tradisional dan modern. Pengelola juga menyediakan mobil ATV mini serta motor trail yang disewakan ke pengunjung untuk berpetualang di arena tambang kapur.