Mau Main Salju Gak Perlu ke Luar Negeri, di Malang Juga Ada

Wahana Kota Es di Malang, Jawa Timur
Sumber :

VIVA – Malang menjadi salah tujuan wisata di Indonesia. Kini, ada salah satu lokasi wisata baru di sana, namanya Frozen World di Malang Smart Arena, Hawai Water Park, Jalan Raya Karanglo, Kota Malang, Jawa Timur.

Puluhan Kucing Sekarat dan Mati di Malang, Diduga Diracun

Wahana permainan ini, menyuguhkan permainan salju yang lembut dengan suhu dingin mencapai 0 derajat celcius. Destinasi ini memang disiapkan untuk liburan natal dan tahun baru.

Pengunjung yang ingin merasakan sensasinya harus mematuhi sejumlah aturan. Diantaranya menggunakan kaos kaki dan sepatu khusus yang disediakan pengelola. Sebab, pengunjung bakal merasakan musim dingin yang sesungguhnya.

Sosialisasi Sadar Wisata Sampai di Malang, Kemenparekraf Tegaskan Ini

Owner Hawai Water Park Grup, Yogi Kurniawan mengatakan, lokasi wisata ini terinspirasi dari festival tahunan di Herbin, China. Disana setiap tahun ada festival memahat es se-Dunia.

“Kami disini bikin wahana salju, apalagi musim dingin tidak bisa kita nikmati di Indonesia. Dan saya lihat animonya sangat tinggi sekali," ujarnya, Kamis, 2 Januari 2020.

Puluhan Rumah di Malang Raya Terendam Banjir

Dalam wahana seluasa 350 meter persegi ini area wisata didesain bak musim dingin di negara-negara Eropa. Ada patung es berbentuk beruang, patung es berbentuk kuda, serta interior-interior bangunan khas Benua Biru.

Bagi anak-anak, kata dia, disiapkan permainan alat-alat pertukangan, seperti skrop, dan ember yang bisa digunakan untuk bermain es atau salju buatan ini. Ada juga Snow Machine untuk membuat es dan salju buatan.

“Sehari setidaknya dibutuhkan 30 ton es balok. Kemudian dihancurkan dan disemprotkan ke area Frozen World. Suhu bisa sampai 0 derajat celcius karena ketebalan es kami sekitar 40 centimeter," ucapnya.

Yogi mengatakan, wahana Frozen World bisa menampung sekitar 150 pengunjung. Setiap pengunjung diimbau tidak bertahan di dalam ruangan lebih dari 20 menit. Sebab, sebagai orang yang biasa hidup di iklim tropis suhu 0 derajat celcius termasuk suhu ekstrem.

"Konsep kami keluarga, jadi wahana yang ada di Smart Arena termasuk Frozen World bisa bermain menciptakan interaksi antara anak dan orangtua. Dalam setiap hari ada seribu pengunjung yang datang. Kedepan akan kami perluas lagi wahan es dan salju ini," tuturnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung Malang Smart Arena, Hadi Jayari asal Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengaku sengaja datang ke Malang untuk berlibur ke sejumlah tempat wisata. Salah satu tujuannya adalah bermain es dan salju di wahana ini.

Hadi datang bersama empat anggota keluarganya. Menurutnya, wahana seperti Frozen World menjawab rasa penasaran pengunjung akan suasana musim dingin di Eropa. Selain berswafoto bersama keluarga dia juga bermain es dan salju bersama anak-anaknya.

"Masyarakat Indonesia kan menengah ke bawah melihat salju ini ya terbantu penasaran kami. Mungkin seperti di Eropa, karena tidak pernah kesana. Sensasinya luar biasa, jadi kita datang memang untuk memburu wahana salju ini. 20 menit saja rasannya sudah dingin sekali," kata Hadi.

Untuk masuk ke wahana Frozen World pengunjung harus membayar Rp100 ribu. Harga tiket itu sudah termasuk 12 wahana permainan lainnya di Malang Smart Arena, seperti Flying Fox, Basket, Baseball, Futsal, Safari Park hingga Panahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya